Inalum dan Freeport McMoran Bentuk Usaha Patungan Bulan Ini

Dinda Audriene Muthmainah, CNN Indonesia | Rabu, 04/07/2018 13:31 WIB
PT Inalum dan PT Freeport McMoran sepakat bentuk joint venture. Kesepakatan pembentukan joint venture akan diteken Juli ini. Menteri ESDM Ignasius Jonan bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Chief Executive Officer (CEO) Freeport-McMoran Richard Adkerson berbincang sebelum memberikan keterangan di Kementerian ESDM, beberapa waktu lalu. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyatakan bahwa PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) dan PT Freeport McMoran sepakat membentuk usaha patungan (joint venture).

Proses pembahasan kesepakatan pembentukan perusahaan patungan tersebut saat ini sudah memasuki tahap akhir dan akan segera diteken kedua belah pihak Juli 2018.

Dalam pembahasan tahap akhir tersebut PT Freeport Indonesia (PTFI) yang nantinya akan dijadikan joint venture.


"Jadi perjanjiannya, joint venture itu nanti untuk mengelola Freeport, dan namanya tetap Freeport Indonesia," katanya, Rabu (4/7).


Secara keseluruhan, Rini menuturkan poin-poin kesepakatan sudah terjadi antara Inalum dan Freeport McMoran terkait pembuatan perusahaan patungan itu. Namun, ia belum mau menjabarkan lebih detil hingga perjanjian pembentukan perusahaan patungan telah diteken.

"Jadi itu semua kami selesaikan bersama Kementerian Keuangan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Sabar pokoknya, Juli selesai semua," kata Rini.

Rini berharap setelah kesepakatan diteken, perusahaan patungan bentukan Inalum dan Freeport McMoran bisa dikelola secara transparan dan profesional.

(agt/bir)