Maskapai AirAsia Tambah 34 Airbus Baru

Lavinda, CNN Indonesia | Jumat, 20/07/2018 22:58 WIB
Maskapai AirAsia Tambah 34 Airbus Baru Logo AirAsia. (REUTERS/Samsul Said)
Jakarta, CNN Indonesia -- AirAsia X, maskapai penerbangan jarak jauh bertarif rendah Afiliasi Grup AirAsia, memastikan telah memesan tambahan 34 pesawat Airbus berbadan lebar seri A330neo.

Berdasarkan Antara, pembelian tersebut diumumkan oleh Co-Founder AirAsia dan Chief Executive Officer AirAsia X Group Kamarudin Meranun, dan Chief Commercial Officer Airbus Eric Schulz di Kuala Lumpur, Jumat (20/7).

Perjanjian ini menambah koleksi seri A330neo dengan jumlah total pesawat yang dimiliki oleh maskapai meningkat menjadi 100 unit. Semua pesawat A330neo yang dipesan oleh AirAsia X adalah model A330-900 yang lebih besar.



"Keputusan kami tidak hanya untuk menegaskan kembali pesanan yang sudah ada untuk 66 A330neo, tetapi untuk menambah 34 lagi. Kami telah melihat setiap aspek A330neo dari kinerja teknis, jelas merupakan pesawat untuk memperluas jaringan," ungkap Co-Founder dan Chief Executive Officer AirAsia X Co-Group Tony Fernandes seperti dikutip Antara, Jumat (20/7).

AirAsia X akan menjadi maskapai pertama di Asia yang mengoperasikan A330neo. Jadwal pengiriman pesawat terbang Airbus akan dimulai pada kuartal IV 2019, dan akan dioperasikan dari pangkalannya di Malaysia, Thailand, dan Indonesia.

"Pesawat ini menawarkan kemampuan jangkauan yang memungkinkan layanan non-stop ke Eropa, A330neo akan memungkinkan AirAsia X untuk memperluas model jarak jauh berbasis nilai dengan biaya operasi yang lebih rendah, dan tarif yang kompetitif bagi penumpang," kata Kamarudin.


Dia mengaku pihaknya bekerja sama dengan Airbus dan melakukan lobi untuk memperoleh pemesanan A330neo, setelah melihat kesuksesan A320neo.

"Kami meyakini pesawat baru akan memungkinkan kami untuk memperluas penerbangan bertarif rendah di luar Asia Pasifik ke seluruh dunia," katanya.

A330neo adalah versi terbaru dari lorong kembar Keluarga A330. Ini menggabungkan generasi baru Rolls-Royce Trent 7000 engine.

(Antara/lav)