Bandara Sukabumi Dibangun Tahun Depan, Anggaran Rp400 Miliar

Safyra Primadhyta, CNN Indonesia | Selasa, 21/08/2018 21:35 WIB
Bandara Sukabumi Dibangun Tahun Depan, Anggaran Rp400 Miliar Ilustrasi pembangunan bandara. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay).
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Perhubungan menargetkan pembangunan Bandara Sukabumi di Jawa Barat (Jabar) bisa dimulai pada awal tahun depan. Bandara yang rencananya akan dibangun di Kecamatan Cikembar, Sukabumi, itu dimaksudkan untuk menunjang sektor pariwisata di wilayah Jabar bagian selatan.

"Sekarang, baru mulai pembebasan lahan (bandara Sukabumi)," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Selasa (21/8).

Rencananya, lanjut Budi, bandara tersebut akan memiliki satu landasan pacu (runway) sepanjang 1.600 meter hingga 2.000 meter. Nantinya, bandara tersebut akan mengakomodasi pesawat jenis ATR.


Total kebutuhan anggaran diperkirakan mencapai Rp300 miliar hingga Rp400 miliar. Sebanyak 70 persen anggaran berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan 30 persen sisanya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Sementara, operator bandara Sukabumi akan dipegang langsung oleh Kemenhub.

Selain bandara Sukabumi, Kemenhub rencananya juga akan memperbaiki infrastruktur transportasi pendukung lain di Jabar bagian selatan mulai dari moda kereta api hingga pelabuhan. Program ini rencananya rampung paling lambat pada 2022 mendatang.


Untuk moda kereta api, Kemenhub akan membangun jalur ganda KA antara Bogor-Sukabumi Lintas Bogor-Yogyakarta yang merupakan proyek multiyears hingga 2022. Adapun, total anggarannya mencapai Rp1 triliun.

"Selain itu, Kemenhub juga sedang membangun dua pelabuhan di Pangandaran dan Pelabuhan Ratu. Gunanya, selain untuk kegiatan wisata di geopark Ciletuh (Sukabumi) juga memudahkan transportasi logistik hasil bumi keluar," tandasnya.


(bir)