Enggar Ungkap Perusahaan China Monopoli Bawang Putih Impor

Agustiyanti, CNN Indonesia | Kamis, 13/09/2018 15:30 WIB
Enggar Ungkap Perusahaan China Monopoli Bawang Putih Impor Menteri Perdagangan Enggartiasto menemukan perusahaan China telah melakukan monopoli bawang putih. (CNN Indonesia/Ajeng Dinar Ulfiana)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan bahwa kementeriannya telah menemukan praktik curang yang dilakukan oleh perusahaan asal China dalam perdagangan bawang putih. Perusahaan tersebut telah melakukan monopoli dan merusak harga bawang putih di Indonesia.

Akibatnya, harga bawang putih sempat terkerek sampai Rp100 ribu per kilogram (kg). Enggar mengatakan permainan tersebut tak terlepas dari pasokan bawang dalam negeri.
Saat ini 90 persen bawang putih di dalam negeri didapat dari impor. Dari 90 persen tersebut, 75 persen di antaranya diimpor dari China.

Enggar mengatakan pihaknya telah memanggil perusahaan tersebut. "Saya undang ia, saya bilang, Anda sudah melakukan monopoli dan merusak harga. Awalnya ia sombong lalu saya minta ia difoto dan ancam laporkan ke menteri perdagangan China, baru ia takut," katanya saat berkunjung ke Kantor TransMedia, Kamis (13/9).


Sayang, Enggar tidak menjelaskan langkah lanjutan apa yang ia lakukan kepada perusahaan nakal yang telah merugikan masyarakat tersebut.
(agt)