Pembebasan Lahan kereta Cepat di Karawang Capai 80 Persen

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 04/10/2018 12:25 WIB
Pembebasan Lahan kereta Cepat di Karawang Capai 80 Persen Miniatur Kereta Cepat. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga).
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Karawang, Jawa Barat menyatakan pembebasan lahan untuk Proyek Kereta Api Cepat Jakarta- Bandung di Karawang terus dikebut. Lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan proyek tersebut mencapai 300 hektare.

Dari jumlah tersebut, yang sudah terbebas 80 persen. "Pembebasan lahannya terus dilakukan PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC)," kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Karawang Eka Sanatha seperti dikutip dari Antara, Kamis (4/10).


Sebagai informasi, panjang rute Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang melewati Karawang mencapai 12 kilometer. Eka mengatakan dari total lahan sebanyak 300 haktare tersebut nantinya tidak hanya akan digunakan untuk pembangunan Proyek Kereta Cepat.


Lahan tersebut nantinya juga akan digunakan untuk pembangunan Transit Oriented Development (TOD). Ia mengatakan dalam proses pembebasan lahan tersebut, kontraktor proyek tidak melibatkan Pemerintah Kabupaten Karawang.

Pembebasan lahan langsung dilakukan oleh PT KCIC. "Pemerintah kabupaten hanya sebatas perizinan saja," katanya. 

(Antara/agt)