Peserta Pertemuan IMF-Bank Dunia Mulai Plesiran di Bali

Tim, CNN Indonesia | Senin, 08/10/2018 17:36 WIB
Peserta Pertemuan IMF-Bank Dunia Mulai Plesiran di Bali REGISTRASI PERTEMUAN TAHUNAN IMF-WORLD BANK GROUP 2018. (ANTARA FOTO/ ICom/AM IMF-WBG/Wisnu Widiantoro)
Nusa Dua, CNN Indonesia -- Para tamu undangan Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional (IMF)-Bank Dunia memanfaatkan waktu mereka untuk berpelesiran di Bali. Ketua Asosiasi Tur dan Agen Perjalanan Indonesia (ASITA) I Ketut Ardana mengatakan beberapa hari sebelum hingga awal pertemuan tersebut digelar, paket wisata di sekitar Bali sudah banyak dipesan oleh delegasi pertemuan.

"Delegasi ada yang booking paket wisata melalui travel agent yang resmi terdaftar untuk acara IMF, tapi banyak juga yang melakukan pemesanan melalui lokal di luar yang terdaftar di IMF," ujar Ketua ASITA Bali I Ketut Ardana, Senin (8/10).

Para tamu undangan tersebut kata Ketut, mayoritas memesan paket wisata di sekitar Bali. Paket wisata di Bali mereka anggap menarik dan bisa menyesuaikan jadwal perhelatan acara, sehingga banyak tamu undangan yang mengambil tur wisata setengah hari (half-day tour).
"Half-day tour sangat laris di Bali dan tempat yang didatangi merupakan yang populer, seperti Kuta, Ubud, Patung GWK, Tanah Lot, hingga Uluwatu," jelasnya.



Secara keseluruhan, Ketut bilang, ASITA turut mengkoordinasikan 33 paket wisata yang disiapkan oleh para travel agent untuk acara Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018.
Dari total tersebut, 27 paket di antaranya berada di luar Bali. Namun, paket di luar Bali umumnya baru dipesan untuk liburan usai perhelatan acara.
"Paket wisata di luar Bali tersebar di enam destinasi, yaitu Danau Toba, Yogyakarta, Banyuwangi, Pulau Komodo, Pulau Sumbawa, dan Tanah Toraja," terangnya.

Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia akan digelar di Bali 8-14 Oktober ini. Kepala Unit Kerja Bank Indonesia (BI) untuk AM IMF-WB 2018 Peter Jacobs mengatakan sepekan sebelum dihelat, banyak tampu dan undangan sudah mulai berdatangan ke Bali. 

"Yang datang awal biasanya pelesiran di sekitar Bali dulu, nanti setelah meeting selesai, baru ke daerah lain," ucap Peter kepada CNNIndonesia.com, Senin (8/10).

(uli/agt)