AP I Siapkan Rp500 Miliar untuk Kembangkan Tiga Bandara

CNN Indonesia | Senin, 29/10/2018 15:12 WIB
AP I Siapkan Rp500 Miliar untuk Kembangkan Tiga Bandara Ilustrasi Bandara. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Angkasa Pura (AP) I mengaku telah menyiapkan anggaran sekitar Rp500 miliar guna mengembangkan tiga bandara yang diserahkan pengoperasiannya dari Kementerian Perhubungan.

Direktur Utama AP I Faik Fahmi merinci ketiga bandara yang akan dikembangkan, yakni Bandara Sentani, Bandara Samarinda, dan Bandara Luwuk. Ketiga bandara tersebut ditargetkan bakal dioperasikan secara penuh oleh AP I pada 1 November mendatang.

"Kalau Sentani itu sekitar Rp30 miliar, Luwuk sekitar Rp60 miliar, kemudian Samarinda Batu Rp190 miliar untuk bisa dioperasikan normal memenuhi standar AP I," ujarnya di Jakarta, Senin (29/10).



Faik menjelaskan dana yang digunakan untuk pengembangan bandara rencananya akan berasal dari kas internal.

"Dari kami internal (anggaram), tidak ada rencana kerja sama. Kalau rencana kerja sama ini adalah Bandara Lombok," katanya.

Setelah diresmikan pada Kamis (25/10) kemarin, Bandara Baru Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto di Samarinda, Kalimantan Timur mulai menambah rute penerbangannya. Sudah ada tiga maskapai yang menyatakan akan segera mengisi rute penerbangan dari dan ke Samarinda, yaitu Garuda Indonesia, Lion Air dan Express Air.


Lion Air akan melakukan penerbangan perdana dengan rute dari Jakarta, Surabaya, dan Makassar, menuju ke Bandara APT Pranoto Samarinda (PP).

Sementara Garuda Indonesia akan melakukan penerbangan perdana dari Jakarta ke Samarinda (PP) dan Express Air tidak ketinggalan akan segera melakukan penerbangan perdana dari Yogyakarta ke Samarinda (PP). (Antara/agi)