Presiden Bank Dunia Mengundurkan Diri

CNN Indonesia | Selasa, 08/01/2019 01:16 WIB
Presiden Bank Dunia Mengundurkan Diri Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya mulai bulan depan. (ANTARA FOTO/ ICom/AM IMF-WBG/M Agung Rajasa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim menyatakan mengundurkan diri dari Jabatannya. Dalam pengumuman pengunduran diri yang disampaikannya Senin (7/1) ini, ia menyatakan akan mundur mulai bulan depan.

Pengunduran diri kim tersebut dilakukan tiga tahun sebelum masa jabatannya saat ini habis. 

"Merupakan kehormatan besar bagi saya selama ini bisa melayani sebagai presiden lembaga luar biasa ini, penuh dengan individu yang penuh semangat yang didedikasikan untuk misi mengakhiri kemiskinan ekstrem dalam hidup kita," kata Kim seperti dikutip dari AFP, Selasa (8/1) dinihari.


Kim menyatakan usai pengunduran dirinya, ia akan bergabung dengan perusahaan yang berfokus pada investasi di negara-negara berkembang. Sayang ia tak menyebut secara detail perusahaan tersebut.


Untuk mengisi kekosongan, CEO Bank Dunia Kristalina Georgieva akan menjabat sebagai presiden sementara mulai saat pengunduran diri Kim berlaku 1 Februari
mendatang.

Kim menjadi presiden Bank Dunia pada 2012 lalu. Di bawah kepemimpinan Kim, Bank Dunia menetapkan tujuan untuk menghilangkan kemiskinan ekstrem pada tahun 2030 dan meningkatkan pembiayaan.

Tahun lalu, ia memenangkan persetujuan untuk peningkatan modal tajam sebesar $ 13 miliar setelah mengaksesi permintaan dari pemerintahan Presiden AS Donald Trump untuk mengekang pinjaman ke negara-negara berpenghasilan tinggi seperti Cina.

Masa jabatan Kim juga ditandai dengan ketidakpuasan yang tinggi di antara staf Bank Dunia. Mereka meradang pada restrukturisasi internal yang dimulai oleh Kim.
(AFP/agt)