Jokowi Pastikan Tol Cigatas Dibangun Tahun Ini

CNN Indonesia | Jumat, 18/01/2019 18:11 WIB
Jokowi Pastikan Tol Cigatas Dibangun Tahun Ini Presiden Joko Widodo menyebut pembangunan jalan tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) bakal menjadi jawaban atas keluhan masyarakat terkait kemacetan. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Garut, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan proses pembangunan jalan tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) akan mulai dilakukan tahun ini. Jokowi menyebut pembangunan jalan tol tersebut bakal menjadi jawaban atas keluhan masyarakat yang sering mengalami kemacetan di wilayah tersebut.

"Saya mendapatkan banyak keluhan mengenai kemacetan Garut, Tasikmalaya, menuju Cileunyi. Sudah diputuskan tahun ini akan dibangun jalan Tol Cigatas. Cileunyi-Garut-Tasik (Cigatas)," kata Jokowi di Masjid Besar Cibatu, Garut, Jawa Barat, Jumat (18/1).

Saat ini, menurut dia, proses pembangunan jalan tol memasuki tahap lelang. Usia mendapat pemenang, Jokowi menyebut proses konstruksi dapat bisa segera dilaksanakan. Penetapan lokasi pembangunan juga sudah ditentukan.



"Tinggal nunggu pemenang lelang. Pemenang lelang sudah langsung mulai konstruksinya," ujarnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menyebut pembangunan Tol Cigatas adalah hadiah untuk masyarakat Garut dan Tasikmalaya. Jokowi tak ingin mendengar lagi keluhan masyarakat tentang kemacetan di wilayah selatan Tanah Pasundan tersebut.


"Jadi sudah ada penetapan lokasi sehingga insyaallah segera dimulai, saya menjamin tahun ini dimulai," terang dia.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono sebelumnya menargetkan pembangunan tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya dapat rampung pada 2023 mendatang. Nilai investasi proyek tersebut diperkirakan mencapai sekitar Rp8 triliun. (fra/agi)