Trump Disebut Calonkan Malpass Sebagai Presiden Bank Dunia

CNN Indonesia | Selasa, 05/02/2019 19:34 WIB
Trump Disebut Calonkan Malpass Sebagai Presiden Bank Dunia Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump disebut mengajukan Pejabat Senior Departemen Keuangan AS David Malpass untuk mengisi posisi Presiden Bank Dunia. (REUTERS/Kevin Lamarque)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump disebut mengajukan Pejabat Senior Departemen Keuangan AS David Malpass untuk mengisi posisi Presiden Bank Dunia yang ditinggalkan Jim Yong Kim.

Dikutip dari CNN, sumber menyebut kemungkinan hal tersebut akan diumumkan pada Rabu (5/2). Namun, keputusan tersebut belum final hingga diumumkan Presiden.

Trump mendapatkan kesempatan untuk mengajukan calon baru, setelah Kim tiba-tiba mengumumkan pengunduran dirinya pada awal bulan lalu. Selama ini, penetapan Presiden Bank Dunia hampir selalu ditentukan oleh Presiden AS sejak awal.



Politico merupakan media pertama yang melaporkan rencana Trump menunjuk Malpass. Malpass saat ini bertugas di Departemen Keuangan AS untuk mengurus permasalahan internasional.

Menurut catatan Departemen Keuangan AS, Malpass pernah di Ronald Reagan dan Kepala Ekonom Bear Starns (bank yang saat ini sudah tidak ada). Saat bekerja di Bear Starn, Malpass pernah menulis sebuah opini di Wall Street Journal memperingatkan tanda-tanda krisis keuangan yang akan datang.


Ia kemudian menjadi penasihat ekonomi Trump selama kampanye 2016.

Malpass adalah bagian dari delegasi AS yang menuju Beijing pada bulan lalu untuk pembicaraan perdagangan.

Trump sebelumnya dilaporkan telah memasang jaring luas bagi kandidat untuk menggantikan Kim, termasuk mewawancarai Heidi Cruz, seorang bankir investasi yang merupakan istri Senator GOP Ted Cruz dari Texas, yang diserang secara pribadi oleh Trump selama kampanye. (CNN/agi)