PTDI Ingin Rangkul Airbus Kembangkan Komponen Pesawat

CNN Indonesia | Selasa, 12/02/2019 17:15 WIB
PTDI Ingin Rangkul Airbus Kembangkan Komponen Pesawat Produksi pesawat PT Dirgantara Indonesia. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Dirgantara Indonesia (PTDI) berkeinginan untuk merangkul Airbus dalam mengembangkan komponen pesawat bermaterial komposit.

Direktur Utama PTDI Elfien Goentoro mengatakan pihaknya ingin melakukan inovasi. Pasalnya, selama ini komponen pesawat yang dikerjakan PTDI masih berorientasi metal.

"Selama ini kami PTDI mengerjakan komponennya Airbus itu mayoritas dari metal. Komposit ini yang kami harus develop (kembangkan) supaya bisa punya kemampuan," kata Elfien di Jakarta, Selasa (12/2).


Elfien mengatakan kerja sama dengan Airbus cukup menjanjikan. Apalagi, selama ini Indonesia mengimpor banyak pesawat dari Airbus. 


Dengan kerja sama, ia harap ke depan Indonesia tidak hanya impor saja, tapi juga ikut langsung ambil bagian  dalam produksi komponen pesawat berbahan komposit. "Banyak pesawat Airbus, Boeing yang dibeli oleh negara Indonesia sehingga kami ingin ada komponen atau bagian yang kita kerjakan disini," tambah Elfien.

Sebagai informasi Airbus saat ini memang tengah menjajaki investasi di Indonesia. Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan beberapa waktu lalu mengatakan mereka tengah menjajaki kerja sama dengan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dan Lion Air Group untuk masuk dalam bisnis perawatan pesawat di Batam dan Bintan.

Luhut mengatakan kepastian investasi tersebut akan disampaikan Airbus April mendatang. "Nilai investasi belum tahu saya, belum sampai ke arah sana. Tapi mereka benar-benar mau proses," katanya.


[Gambas:Video CNN] (rim/agt)