OJK Rilis Daftar 106 Fintech Berizin

CNN Indonesia | Rabu, 10/04/2019 20:17 WIB
OJK Rilis Daftar 106 Fintech Berizin Ilustrasi OJK. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merilis daftar 106 perusahaan teknologi keuangan (financial technology/fintech) yang terdaftar atau berizin per 5 April 2019. Jumlah tersebut bertambah dari posisi Februari 2019 yang tercatat sebanyak 99 perusahaan.

Berdasarkan daftar yang dipublikasikan OJK, terdapat tujuh fintech yang baru mendapatkan izin OJK. Fintech tersebut yakni PT Akur Dana Abadi (Jembatan Emas), PT Sinergi Mitra Finansial (Kredible), PT Pinjaman Kemakmuran Rakyat (KlikUMKM), PT Harapan Fintech Indonesia (Klik Kami), PT Idana Solusi Sejahtera (Cairin), PT Empat Kali Indonesia (Empat Kali), dan PT Berdayakan Usaha Indonesia (Betumbu).
OJK Rilis Daftar 106 Fintech Berizin
OJK Rilis Daftar 106 Fintech Berizin
OJK Rilis Daftar 106 Fintech BerizinDaftar fintech berizin. (Dok. OJK)
Deputi Komisioner Manajemen Strategis dan Logistik Anto Prabowo sebelumnya mengimbau agar masyarakat hanya menggunakan layanan fintech yang telah terdaftar di OJK. Seluruh fintech yang sudah terdaftar serta dipastikan legal oleh OJK, menurut dia, tercantum dalam lama resmi OJK, yaitu www.ojk.go.id. Jika masih ragu, Anto bilang masyarakat bisa menghubungi OJK lewat sambungan telepon di nomor 157. 

"Dari situ masyarakat bisa bertanya sebelum melakukan pinjaman online, bagaimana perusahaannya, terdaftar atau tidak. Masyarakat juga bisa menanyakan apa yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pinjaman online," tuturnya.



Ia mengklaim OJK terus melakukan upaya preventif terhadap fintech ilegal. Selama ini, lanjutnya, OJK terus berkoordinasi dengan Satuan Tugas (Satgas) Waspada Investasi dan Kominfo untuk menghapus fintech ilegal.

Berdasarkan data OJK hingga Februari 2019, sebanyak 635 fintech telah diblokir. Pemblokiran dilakukan OJK bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).
[Gambas:Video CNN] (agi/agi)