Menhub Sebut Sistem Satu Arah Sambil Manfaatkan Jalur Pantura

CNN Indonesia | Jumat, 10/05/2019 13:28 WIB
Menhub Sebut Sistem Satu Arah Sambil Manfaatkan Jalur Pantura Ilustrasi jalur Pantura. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan penerapan sistem rekayasa lalu lintas satu arah atau one way saat momentum Idul Fitri 1440 Hijriah atau mudik Lebaran tahun ini berbeda dari tahun lalu.

"Minggu ini atau awal minggu depan kami putuskan menggunakan yang mana. Nanti setelah diputuskan maka kita akan sosialisasikan," kata Budi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (9/5).

Budi mengaku membahas persiapan mudik lebaran dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia menyebut Presiden Jokowi meminta mudik lebaran tahun ini harus lebih baik.


Menurut Budi, pihaknya juga diminta memperhatikan UMKM yang membuka usaha di sepanjang jalur mudik. Selain itu, Budi mengatakan bahwa Presiden Jokowi meminta agar Jalur Pantai Utara (Pantura) Pulau Jawa dimanfaatkan saat mudik maupun arus balik lebaran tahun ini.


Ia menyatakan pemanfaatan Jalur Pantura ini dilakukan saat penerapan satu arah, baik saat arus mudik maupun arus balik. Sistem satu arah akan berlaku mulai dari Tol Jakarta-Cikampek di KM29 Cibitung hingga KM 262 Brebes, Jawa Tengah.

"Mereka satu arah ke arah timur, yang dari barat ke timur lewat Pantura. Ini juga yang diinginkan Presiden supaya jalan Pantura itu diutilisasikan," ujarnya.

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II itu mengatakan bahwa sistem satu arah di jalan akan diterapkan kembali saat arus balik lebaran. Sementara itu, Jalur Pantura difungsikan untuk mobil yang bergerak dari arah barat ke timur Jawa.

"Jadi nanti waktu sebaliknya, pas mudik balik itu dilakukan kegiatan dari timur ke barat, sedangkan Pantura dari barat ke timur," kata Budi.

[Gambas:Video CNN] (fra/lav)