AP II Sebut Tak Ada Lonjakan Penumpang Akibat Aksi 22 Mei

CNN Indonesia | Kamis, 23/05/2019 16:55 WIB
AP II Sebut Tak Ada Lonjakan Penumpang Akibat Aksi 22 Mei Ilustrasi bandara. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selang sehari dari aksi 22 Mei, PT Angkasa Pura II (AP II) menyatakan kondisi Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) aman terkendali. Tidak ada lonjakan penumpang yang berarti, baik dari Jakarta maupun menuju Jakarta.

"Berdasarkan informasi teman-teman di lapangan masih normal," ujar Juru Bicara APII Yado Yarismano kepada CNNIndonesia.com, Kamis (23/5).

Yado mengungkapkan saat ini jumlah penumpang Bandara Soetta belum mendapatkan dorongan dari periode Lebaran. Dalam kondisi normal, lanjut Yado, Bandara Soetta melayani 140 ribu hingga 150 ribu penumpang per harinya.


"(Jumlah penumpang) belum (naik). Angkutan lebaran kan baru mulai pada 26 Mei 2019," ujarnya.


Meski masih dalam kondisi normal, Yado menegaskan manajemen tetap waspada. Maka itu, pengamanan tetap ditingkatkan, berkoordinasi dengan aparat kepolisian dan TNI. Hal itu dilakukan dengan melakukan penyisiran di area bandara dan sekitar bandara, pemeriksaan kendaraan yang masuk, serta pemeriksaan kepada penumpang.

Sebagai informasi, aksi unjuk rasa menolak hasil Pemilu terjadi sejak Selasa (21/3) malam. Peserta aksi disinyalir berasal tidak hanya dari Jakarta tetapi juga dari luar ibu kota.

Dalam perkembangannya, kericuhan sempat mewarnai aksi tersebut. Hal itu diduga karena ulah oknum yang memprovokasi massa sehingga bentrok dengan aparat kepolisian. Kerusuhan akhirnya mereda pada Kamis (23/5) pagi.

(sfr/lav)