Trump Desak Jepang Potong Surplus Perdagangan dengan AS

CNN Indonesia | Senin, 27/05/2019 12:20 WIB
Trump Desak Jepang Potong Surplus Perdagangan dengan AS Presiden AS Donald Trump. (REUTERS/Kham/Pool)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mendesak Jepang untuk memotong surplus neraca dagang mereka dengan AS. Desakan tersebut disampaikannya saat berkunjung ke Jepang pekan ini.

Dalam kunjungan tersebut, Trump bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Trump berharap langkah kongkret Jepang dalam mengurangi surplus neraca dagang dengan AS tersebut bisa diumumkan dalam waktu dekat ini.

"Saya harap, kami bisa mendapatkan neraca perdagangan yang lebih lurus dengan Jepang secara cepat. Mungkin Agustus nanti kami akan mengumumkan beberapa hal," katanya seperti dikutip dari Reuters, Senin (27/5).


Sebagai informasi neraca perdagangan barang AS dengan Jepang tercatat 'sakit'. Pada sepanjang 2017 lalu, neraca dagang AS dengan Jepang mengalami defisit US$56,6 miliar.


Atas defisit neraca dagang yang besar tersebut, Presiden Trump beberapa waktu lalu mengeluarkan ancaman terhadap Jepang. Dalam ancaman tersebut, ia menyatakan akan mengenakan tarif tinggi atas impor mobil asal Jepang.

Sementara itu Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer mengatakan agar keseimbangan hubungan dagang antara AS dengan Jepang bisa terwujud, ia dan Menteri Ekonomi Jepang Toshimitsu Motegi akan menggelar pembicaraan khusus di sela-sela kunjungan Trump ke Jepang.

Tapi Motegi mengatakan walaupun nantinya perundingan yang dilakukannya dengan Lighthizer menghasilkan kesepahaman yang lebih baik, itu semua tidak berarti keseimbangan atau harmoni yang tercipta dalam hubungan dagang antara AS dengan Jepang akan berjalan sempurna.

"Kami sepakat untuk berusaha membuat kesepakatan, tapi saya tidak yakin kami akan menandatangani kesepakatan pada 27 Mei ini," katanya.

[Gambas:Video CNN] (Reuters/agt)