Sri Mulyani Lega Jokowi Akhirnya Bertemu Prabowo

CNN Indonesia | Minggu, 14/07/2019 13:19 WIB
Sri Mulyani Lega Jokowi Akhirnya Bertemu Prabowo Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: CNN Indonesia/Fajrian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Keuangan Sri Mulyani lega Presiden Terpilih Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan , Prabowo Subianto Sabtu (13/7) kemarin. Kedua tokoh tersebut  seperti diketahui bertemu di stasiun MRT Lebak Bulus akhir pekan kemarin.

Menurutnya, pertemuan tersebut merupakan tanda bahwa proses politik di Indonesia usai Pemilihan Presiden 2019 sudah berjalan baik.  Pertemuan merupakan wujud kesuksesan penyelenggaraan demokrasi di Indonesia.

Setelah Pilpresi 2019 berakhir, masing-masing pihak menghormati hasilnya dan kembali bersatu. 


"Kami merasa lega dan sangat senang bahwa terjadi apa yang disebut pertemuan, dalam simbol bahwa seluruh proses politik telah jalan secara baik dan menghasilkan hasil yang kemudian kita hormati bersama," katanya, Minggu (14/7).

Sikap Jokowi-Prabowo tersebut kata Sri Mulyani akan menjadi teladan bagi generasi muda Indonesia. 


"Pimpinan-pimpinan yang tadinya kompetisi sekarang melakukan langkah-langkah untuk menunjukkan kepada bangsa Indonesia, bahwa kita tetap bersatu meskipun kita pernah kompetisi," tuturnya.

Ia melanjutkan usai pertemuan tersebut, dalam waktu dekat Jokowi sebagai presiden terpilih akan menyampaikan visi dalam periode kepemimpinan lima tahun ke depan. Jokowi diketahui dijadwalkan akan menghadiri agenda "Syukuran Nasional 2019" di Sentul International Convention Center, Bogor hari ini. 

"Presiden juga akan menyampaikan, nanti sore saya rasa, nanti akan dilihat saja, visi bapak presiden sebagai presiden terpilih di dalam mengisi mandat lima tahun ke depan," tuturnya.

Salah satu visi utama yang bakal disampaikan Jokowi, kata Menkeu, adalah peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Selain itu, Jokowi akan fokus pada peningkatan kegiatan investasi dan peningkatan daya saing Indonesia sehingga mampu meningkatkan ekspor dan membangun industri.

"Itu adalah suatu visi yang harus kemudian kami terjemahkan dalam kebijakan dan tentunya putusan-putusan," katanya.

Jokowi-Prabowo saling berpelukan dan bersalaman ketika bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus. Prabowo lebih dahulu datang, disusul oleh Jokowi. Keduanya melanjutkan perjalanan ke FX Sudirman menggunakan MRT.


Pertemuan ini menjadi momen penting sebagai rekonsiliasi untuk menyatukan kembali elemen masyarakat yang sempat terpecah karena Pilpres 2019. Jabat tangan Jokowi dan Prabowo ini menjadi yang pertama kali usai Mahkamah Konstitusi (MK) menolak seluruh permohonan sengketa Pilpres 2019 yang diajukan Prabowo-Sandi.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan Jokowi-Ma'ruf sebagai presiden dan wakil presiden terpilih Pilpres 2019 pada Minggu (30/6).

Jokowi-Ma'ruf dinyatakan memenangi Pilpres 2019 dengan perolehan 85.607.362 suara atau 55,50 persen suara sah. Sementara Paslon 02 Prabowo dan Sandiaga Uno dinyatakan memperoleh 68.650.239 suara atau 45,50 persen suara sah. (ulf/fea)