Ida Fauziah, Eks Guru SMA yang Kini Jadi Menaker Jokowi

CNN Indonesia | Rabu, 23/10/2019 09:51 WIB
Ida Fauziah, Eks Guru SMA yang Kini Jadi Menaker Jokowi Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari).
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengangkat Ida Fauziah sebagai menteri ketenagakerjaan pada Kabinet Indonesia Maju. Hal ini diungkapkan Jokowi di Istana Negara, Rabu (23/10).

"Ibu Ida Fauziah Menteri Tenaga Kerja, urusan pendidikan industri, perlindungan pekerjaan migran," kata Jokowi.

Ida di sini menggantikan posisi Hanif Dhakiri yang sebelumnya menduduki posisi menteri ketenagakerjaan pada masa pemerintahan Jokowi jilid pertama.


Perempuan kelahiran Mojokerto pada 1969 silam ini memiliki latar belakang sebagai politikus. Ia telah menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI sejak 1999 hingga 2019 dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Detailnya, Ida menjadi Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) dan Wakil Ketua Komisi II di sektor otonomi daerah dan pertanahan pada periode 2009 sampai 2012.

Kemudian, 2012 hingga 2014 Ida ditugaskan sebagai Ketua Komisi VIII DPR RI untuk menangani Departemen Agama, Departemen Sosial, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia dan Zakat.

Selanjutnya, Ida ditempatkan di Badan Anggaran (Banggar) dan Komisi I yang ditugaskan di sektor pertahanan, intelijen, komunikasi, dan informatika pada 2014 hingga akhir September 2019.

Ida mewakili Jawa Timur untuk daerah Jombang, Kabupaten Madiun, Kabupaten Mojokerto, Nganjuk, Kota Madiun, dan Kota Mojokerto selama duduk di parlemen.

Sebelum menjadi anggota DPR, Ida sempat menjadi seorang guru di MAPK, Jombang selama 1994 hingga 1999 silam. Ia juga pernah mengajar di SMA Khadijah, Surabaya pada 1997 sampai 1999.
[Gambas:Video CNN] (aud/sfr)