Politikus PSI Ditunjuk jadi Pendamping Sofyan Djalil

CNN Indonesia | Jumat, 25/10/2019 11:12 WIB
Politikus PSI Ditunjuk jadi Pendamping Sofyan Djalil Politikus PSI Surya Tjandra. (CNN Indonesia/ Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Surya Tjandra sebagai Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) periode 2019-2024. Ia akan mendampingi Menteri ATR Sofyan Djalil.

"Barusan diminta pak Jokowi membantu menteri ATR. Salah satu poin yang dibahas, aneka masalah tumpang tindih. Jadi, harapannya saya diminta membantu pak Sofyan menyiapkan prosesnya. Kira-kira begitu," ujarnya di Istana Negara, Jumat (25/10).

Politisi dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) melalui jalan panjang sebelum duduk di kursi Wamen ATR.

Ia dibesarkan dari keluarga tak mampu. Orang tua Surya adalah seorang pedagang ayam potong di Pasar Jatinegara, Jakarta. Keluarganya tinggal di rumah kontrakan dan kerap berpindah-pindah di sekitar Pasar Jatinegara.


Meski hidup dalam keterbatasan, kondisi ini tidak menyurutkan tekad Surya untuk meraih pendidikan tinggi. Ia juga mendapat dukungan dari orang tuanya untuk tekun dalam mengapai cita-cita.

Berkat tekad dan dukungan orang tua, ia berhasil diterima sebagai mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Usai merampungkan pendidikan di UI, ia mendapatkan beasiswa untuk program master di bidang hukum pada Universitas Warwick, Inggris, dan program doktor Universitas Leiden, Belanda.

Sepulangnya ke Indonesia, ia memilih bekerja di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang menyediakan bantuan hukum bagi rakyat miskin dan buta hukum.

Dengan latar belakangnya itu, Surya mempunyai sensitivitas tinggi terhadap isu kemiskinan dan ketidakadilan. Selama bekerja di LBH, ia mengembangkan keterampilannya dalam bidang hukum.
[Gambas:Video CNN]


(ulf/bir)