Jokowi Resmi Pilih Desain Ibu Kota Baru

CNN Indonesia | Senin, 23/12/2019 16:36 WIB
Jokowi Resmi Pilih Desain Ibu Kota Baru Beberapa maket desain ibu kota negara hasil sayembara yang digelar oleh Kementerian PUPR. (CNN Indonesia/ Yuliyanna Fauzi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR menyatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi memilih desain untuk ibu kota baru pada Senin, (23/12). Desain Sibarani Sofian dengan tim Nagara Rimba Nusa menjadi juara pertama sayembara desain ibu kota baru yang dipilih Jokowi.

Tim Nagara Rimba menyisihkan 291 desain lain yang juga mengikuti sayembara tersebut. Tim juri beserta Presiden Joko Widodo telah menilai desain ibu kota baru berdasarkan totalitas dan fungsi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan Jokowi meminta harus ada pembeda ibu kota kota baru dengan negara lainnya. Meskipun memenangkan sayembara, ia mengatakan desain yang dibuat oleh Nagara Rimba Nusa tidak akan 100 persen dipakai.


Desain tersebut akan digabungkan dengan juara dua dan tiga, Infinite City dan Seribu Galur untuk menjadi master plan ibu kota baru.

Basuki mengungkap walau belum memiliki lokasi detail, tapi dia mengindikasikan Penajam Paser akan menjadi lokasi inti pemerintah.

"Tidak ada kabupaten baru. Ibu kota nanti mau jadi provinsi, mau jadi kota, atau kabupaten itu nanti dari DPR," papar Basuki di Jakarta, Senin (23/12).

Lokasi inti ibu kota tersebut akan dibangun di atas lahan seluas 5.600 hektar (ha). Basuki mengatakan dalam membangun ibu kota baru pemerintah akan mengutamakan rancangan bernuansa rumah etnik dengan fungsi modern.

"Kalau gedung, ini saya bocorin juga, kita mungkin tradisional tapi dalamya harus modern. Smart house ke depan," jelasnya.

Dengan rancangan kawasan smart city dan compact city, diharapkan ibu kota baru akan mewakili identitas bangsa dengan pola pikir teknologi maju yang selaras dengan alam dan dunia.

[Gambas:Video CNN] (wel/age)