Pasokan Gula Pasir di Ritel Modern Habis

CNN Indonesia | Rabu, 18/03/2020 12:22 WIB
Pengelola ritel menyebut pasokan gula pasir ke toko mereka sudah habis sejak 3 bulan lalu. Ritel modern kehabisan pasokan gula. (Hebi65/Pixabay).
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengelola ritel modern menyebut stok gula pasir di sebagian besar toko mereka sudah kosong. Kondisi tersebut telah berlangsung kurang lebih 3 bulan.

Ketua Komite Ritel Bidang Perdagangan Apindo Tutum Rahanta mengatakan kelangkaan gula pasir terjadi karena pasokan yang tidak ada. Kondisi ini tak terkait dengan lonjakan permintaan yang terjadi akibat virus corona.

"Gula pasir di pasar modern sebagian besar kosong," ujarnya kepada CNNIndonesia.com, Rabu (18/3).


Ia menuturkan saat ini pasokan gula pasir yang masuk hanya sedikit. Itu pun, langsung diserbu oleh masyarakat lantaran harga gula di ritel modern masih mengacu pada Harga Eceran Tertinggi (HET) pemerintah, yakni Rp12.500 per kilogram (kg).

Sedangkan di pasar, harga gula pasir tembus Rp17 ribu-Rp18 ribu per kg. "Akhirnya setiap kami jual akan diborong orang tertentu dan dijual lagi di pasar bebas dengan harga yang lebih tinggi, kami kewalahan," ujarnya.

Beruntungnya, Satgas Pangan Polri telah mengusulkan agar pembelian sejumlah bahan pokok dibatasi. Untuk gula pasir maksimal pembeliannya 2 kg. Bahan pokok lainnya yang dibatasi adalah beras maksimal 10 kg, minyak goreng 4 liter, dan mie instan sebanyak dua dus.

Tutum mengatakan pembatasan tersebut akan membantu ritel modern menekan pembelian dalam jumlah besar. Sementara itu, ia menuturkan ketersediaan bahan pokok lainnya di ritel modern seperti minyak goreng, beras dan daging sapi beku tidak ada masalah.

"Yang lainnya tidak ada masalah, seperti minyak pembelian tinggi tapi produksi dari sawit juga banyak. Kalau beras kan Perum Bulog memastikan pasokan cukup," ucapnya.

[Gambas:Video CNN]
Impor

Tutum mengatakan agar kelangkaan gula tidak terus terjadi, ia berharap pemerintah membuka lebar-lebar pintu impor. Sebelumnya, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto telah menerbitkan izin sebesar 988 ribu ton.

Izin diterbitkan karena saat ini stok gula pasir di distributor hanya sebanyak 159 ribu ton. Mendag menuturkan gula impor sebanyak 250 ribu bakal mengguyur pasar pada April mendatang

"Karena gejolak harga sudah tinggi pasti dianggap telat (impor gula)," tutur Tutum.

Data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS) menunjukkan harga gula pasir lokal tembus Rp16.850 per kg pada Rabu (18/3). Harga itu naik, Rp100 dari hari sebelumnya Rp16.750 per kg.

(ulf/agt)