Harga Gula Pasir Melesat Sentuh Rp20 Ribu per Kg di Pontianak

CNN Indonesia | Rabu, 01/04/2020 08:44 WIB
Harga gula pasir di sejumlah daerah melonjak di tengah pandemi corona. Berdasarkan data PIHPS, Kalbar mengalami lonjakan harga tertinggi. Harga gula pasir di sejumlah daerah melonjak karena corona. Berdasarkan data PIHPS, Kalimantan Barat mengalami lonjakan harga paling tinggi. (Hebi65/Pixabay)
Pontianak, CNN Indonesia -- Harga gula pasir di sejumlah daerah melonjak karena pandemi virus corona. Di Kalimantan Barat, harga gula yang awalnya di kisaran Rp12 ribu per kilogram melonjak menjadi Rp20 ribu per kg.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kalimantan Barat Samuel menuturkan kenaikan harga gula ini dirasakan oleh seluruh provinsi di Indonesia. Menurutnya, kenaikan disebabkan oleh produksi pabrik gula dari Jawa dan Sulawesi yang belum maksimal dan belum memasuki masa panen.

"Belum maksimal karena pekerja masih dirumahkan sementara karena wabah corona. Tapi, bahan pangan secara umum itu aman stoknya tersedia dan harga tidak terlalu bergejolak. Yang memang agak tinggi ini gula," ujar Samuel di Pontianak, Selasa (31/3).


Dia mengaku telah melaporkan kondisi ini ke Kementerian Perdagangan melalui Dirjen Perdagangan Dalam Negeri.

"Tunggu saja kebijakan yang telah diambil oleh Kemendag RI, yakni membuka keran impor gula. Ini (impor) harus dilakukan sebab produksi dalam negeri belum mencukupi," katanya saat dihubungi CNNIndonesia.com.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Pontianak Hariyadi mengatakan harga gula di Pontianak diprediksi kembali normal pada awal April setelah impor gula tiba.

Di awal April nanti gula dari Jakarta akan datang dan kembali ke angka semula di eceran tertinggi Rp 12.500, yang jelas bisa untuk mencukupi masyarakat kita selama 6 bulan," katanya, Selasa (31/3).

Untuk stok bahan pangan lainnya, Hariyadi memastikan stabil sampai 6 bulan ke depan. Pihaknya pun sudah menyampaikan kepada toko modern dan mal untuk membatasi masyarakat yang berbelanja barang terlalu banyak.

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS) mayoritas harga gula di Indonesia melonjak. Rata-rata harga gula berada di kisaran Rp18.350 per kg.

Harga gula tertinggi per 31 Maret terdapat di Kota Singkawang, Kalbar, sebesar Rp22 ribu per kilogram. Sedangkan, rata-rata harga gula di wilayah Kalbar sekitar Rp20.850 per kg. Harga ini lebih mahal sekitar Rp2.500 dari harga gula rata-rata nasional.

[Gambas:Video CNN]

(dho/age)