Bank BJB Sulut Semangat Debitur dan UMKM di Era New Normal

Bank BJB, CNN Indonesia | Selasa, 30/06/2020 09:42 WIB
Bank BJB Bank BJB. (Foto: Dok. Bank BJB)
Jakarta, CNN Indonesia --

Berbagai aktivitas sosial yang selama ini dibatasi mulai diizinkan kembali menggeliat, termasuk sektor ekonomi yang tersengal-sengal akibat pandemi Covid-19. Kegiatan-kegiatan itu boleh dilakukan dengan syarat harus tetap memperhatikan dan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Bank BJB berupaya menyalakan kembali api semangat yang selama ini meredup, dengan mendukung persiapan pelaku bisnis memasuki masa new normal lewat penyelenggaraan acara bincang daring untuk para debitur dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pada Selasa (16/6). Acara bertajuk Menumbuhkan Mental Juara dalam Menghadapi New Normal itu menghadirkan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Atalia Praratya Ridwan Kamil sebagai pembicara.

Bincang Bisnis yang merupakan program turunan BJB Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terpadu (PESAT) ini diadakan via aplikasi Zoom, dibuka oleh Suartini selaku Direktur Konsumer dan Ritel Bank BJB. Terlihat Pemimpin Divisi UMKM Bank BJB Denny Mulyadi juga hadir, serta para debitur dan pelaku UMKM sebagai peserta.


Dalam kesempatan itu, Atalia memaparkan sejumlah materi terkait mental seorang juara kala menghadapi musibah. Ia juga berbicara soal manfaat berkomunitas dan berorganisasi dalam berwirausaha, serta berbagi tips soal menumbuhkan dan menjaga semangat berwirausaha.

"Tujuan dari bincang bisnis online kali ini adalah untuk menumbuhkan semangat para pelaku UMKM dan debitur Bank BJB dalam menghadapi cakrawala usaha di masa new normal. Bekal motivasi yang diberikan, diharapkan akan lebih memantapkan mental juara untuk mengeksekusi strategi bisnis yang juga telah disarankan para praktisi dan ahli lewat rangkaian perbincangan yang difasilitasi Bank BJB," kata Suartini selaku Direktur Konsumer dan Ritel Bank BJB.

Sebelumnya, Bank BJB telah memberi serangkaian materi tentang strategi akselerasi usaha di era new normal kepada para pelaku UMKM. Salah satu strategi yang disarankan adalah dengan pemanfaatan platform digital sebagai media pengenalan dan pemasaran produk. Media digital dinilai lebih efektif untuk menjangkau khalayak yang lebih luas serta relevan dengan kondisi hari ini, di mana penggunaan pola transaksi diterapkan lebih ketat demi menghindari kemungkinan transmisi virus yang lebih besar.

Bank BJB kemudian mengumumkan pemenang sayembara menulis bagi para debitur dengan tema Optimis di Masa Krisis yang diselenggarakan pada 14-29 Mei 2020. 10 orang yang keluar sebagai pemenang merupakan hasil penjurian Divisi Kredit dan UMKM Bank BJB. Sejumlah indikator yang menentukan pemenang, antara lain kreatifitas ide, strategi usaha, potensi bisnis, manajemen, dan motivasi. Sayembara ini merupakan ajang agar debitur dapat menceritakan dan menginspirasi untuk tetap bersikap optimis di masa pandemi Covid-19 demi menjaga kelangsungan dan keberlanjutan bisnis.

Ke depannya, Bank BJB menyebut akan terus mengawal para pelaku usaha dalam upaya peningkatan kapasitas bisnis. Edukasi dan beragam diskusi, serta pelatihan akan terus digiatkan. Tujuannya, memastikan langkah UMKM sebagai mitra usaha Bank BJB menuju tangga juara dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

(rea)