Dampak Positif dan Negatif Perdagangan Internasional

CNN Indonesia | Kamis, 16/09/2021 16:02 WIB
Ada beberapa dampak perdagangan internasional yang perlu diketahui. Dampak tersebut bisa bersifat positif atau negatif. Ilustrasi. Ada beberapa dampak perdagangan internasional yang perlu diketahui. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perdagangan internasional (international trade) merupakan kegiatan jual beli yang dilakukan dua negara atau lebih melalui ekspor impor atas kesepakatan bersama.

Adanya perdagangan internasional ini membuat kebutuhan suatu negara atau perorangan dapat terpenuhi. Bentuk yang didagangkan beragam, mulai dari barang, jasa, sampai investasi.

Kegiatan perdagangan internasional dapat dilakukan oleh perorangan serta pemerintah. Seperti individu berlainan negara, individu dan pemerintah, atau sesama pemerintah antar-negara.


Ada beberapa dampak perdagangan internasional yang perlu diketahui. Dampak tersebut bisa bersifat positif atau negatif.

Berikut penjelasannya seperti dikutip dari buku Ekonomi Internasional (2017) yang ditulis Nazaruddin Malik.

Dampak Positif Perdagangan Internasional

Ilustrasi Peti Kemas di Pelabuhan Tanjung PriokIlustrasi. Dampak perdagangan internasional bisa terjadi secara positif dan negatif. (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Dampak positif berarti perdagangan internasional memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak atau negara. Berikut di antaranya.

1. Terbentuknya persahabatan antar-negara

Perdagangan internasional yang berlangsung intens akan membentuk relasi antar-negara dengan sendirinya sehingga menciptakan persahabatan.

Ketika persahabatan antar-negara terbentuk, maka secara berkelanjutan, kerja sama selanjutnya tak melulu urusan dagang. Kerja sama bisa merambah ke budaya, politik atau teknologi.

2. Meningkatnya kemakmuran negara

Indikator kemakmuran suatu negara bisa dilihat dari pelaku ekonomi yaitu produsen, konsumen, dan pemerintah.

Produsen yang makmur, maka profit tinggi. Sementara dari sisi konsumen, kebutuhan dapat terpenuhi. Sedangkan bagi pemerintah, pemasukan devisa akan meningkat.

3. Berkurangnya pengangguran

Pekerja melintas di kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa, 16 Februari 2021. CNN Indonesia/Adhi WicaksonoIlustrasi. Berkurangnya pengangguran jadi salah satu dampak perdagangan internasional. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Kegiatan perdagangan internasional akan menuntut sebuah negara lebih produktif untuk mendulang keuntungan. Berkurangnya pengangguran menjadi salah satu dampak perdagangan internasional.

Semakin produktif suatu negara yang ditandai dengan banyaknya kegiatan ekspor ke negara lain, maka jumlah pengangguran dapat berkurang.

4. Transfer IPTEK

Perdagangan internasional merupakan alat mobilisasi IPTEK, terutama teknologi dari negara maju ke berkembang dan miskin.

Intensitas perdagangan yang berkelanjutan antar beberapa negara di bidang teknologi seperti elektronik dan otomotif, akan berpengaruh pada mobilisasi teknologi di negara tersebut.

Simak selengkapnya mengenai dampak perdagangan internasional di halaman berikutnya...

Dampak Positif dan Negatif Perdagangan Internasional

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK