Bos Kadin Ingin Lahirkan Banyak Pengusaha di Daerah

Safyra Primadhyta | CNN Indonesia
Kamis, 25 Nov 2021 22:35 WIB
Kamar Dagang dan Industri (Kadin) telah menandatangani perjanjian dengan Kementerian Investasi untuk menumbuhkan semangat wirausaha di daerah. Kamar Dagang dan Industri (Kadin) telah menandatangani perjanjian dengan Kementerian Investasi untuk menumbuhkan semangat wirausaha di daerah. (Tangkapan layar youtube CNBC Indonesia).
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid ingin melahirkan banyak pengusaha di daerah. Keinginannya itu ditopang oleh kemudahan teknologi dan masuknya investasi.

"Kami sudah menandatangani perjanjian antara Kadin dengan Kementerian Investasi," kata Arsjad dalam Talkshow KPK, Kamis (25/11).

Selain mendatangkan investor, ia berharap investasi tersebut dapat menumbuhkan semangat wirausaha masyarakat khususnya di daerah. Ia turut mengatakan akan mencari cara untuk membangun ekosistem bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).


Kemudian, Arsjad yakin ekonomi nasional akan kuat apabila ekonomi di daerah juga kuat. Tak ayal, pertumbuhan usaha di daerah menjadi penting saat ini.

Menurutnya, tantangan Kadin ke depan adalah mendorong perusahaan untuk menerapkan teknologi 4.0 khususnya bidang manufaktur. Namun, ia khawatir perkembangan teknologi dapat menggantikan posisi buruh.

"Kalo begitu bisa jadi revolusi sosial, semua sudah alat-alat sehingga buruh yang ada harus di reskilling dan upskilling," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Kadin menandatangani kesepakatan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mencegah adanya perilaku suap antara pengusaha dan pemangku kepentingan.

Kesepakatan tersebut merupakan pembaruan dari kesepakatan sebelumnya yang pernah ditandatangani pada 2017 silam.

[Gambas:Video CNN]



(fry/sfr)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER