Cara Menyiapkan Biaya Persalinan Kalau Tak Ditanggung Jampersal

tim | CNN Indonesia
Sabtu, 30 Jul 2022 09:00 WIB
Biaya persalinan terkenal mahal jika harus menggunakan metode caesar. Berikut cara menyiapkan biaya melahirkan bagi ibu hamil yang tak ditanggung Jampersal. Biaya persalinan terkenal mahal jika harus menggunakan metode caesar. Berikut cara menyiapkan biaya melahirkan bagi ibu hamil yang tak ditanggung Jampersal. Ilustrasi. (CNNIndonesia/Adi Maulana).

2. Biaya Darurat

Agustina mengatakan pasangan suami istri juga harus menyiapkan dana tak terduga atau dana darurat khusus untuk proses kehamilan sampai persalinan.

Biaya ini bisa digunakan jika tiba-tiba dokter mengharuskan sang ibu melahirkan dengan prosedur caesar.

Biaya tak terduga ini perlu dipersiapkan semua pasangan baik yang menggunakan fasilitas BPJS Kesehatan, asuransi swasta, maupun biaya mandiri.

Lihat Juga :

"Jika sebelum hamil sudah ada penanganan tertentu, maka perlu menyiapkan jauh-jauh hari, karena mungkin juga persalinannya membutuhkan penanganan khusus, sehingga melampaui batas fasilitas kesehatan kantor, atau tidak di-cover BPJS Kesehatan," tutur Agustina.

3. Biaya awal Kehamilan

Selain survei, pasangan suami istri juga harus menyiapkan biaya awal kehamilan jauh sebelum masa persalinan.

Perencana Keuangan Ahmad Gozali mengatakan calon ayah dan ibu tentu membutuhkan biaya cukup besar selama proses kehamilan. Proses itu seperti, pemeriksaan hamil, membeli obat-obatan, vitamin, dan kebutuhan penunjang gizi lain yang tidak hanya untuk cabang bayi, tapi juga sang ibu.

Belum lagi, biaya untuk melihat perkembangan bayi melalui USG hingga syukuran menyambut kelahiran sang bayi.

"Baiknya sih sejak punya rencana untuk hamil sudah mulai dihitung semua dan direncanakan dananya dari mana. Lalu disiapkan juga biaya tambahan seperti baby shower, syukuran 4 bulan atau 7 bulan dal lainnya yang secara tradisi tentu berbeda bagi setiap keluarga," papar Gozali.

4. Biaya Perlengkapan Bayi

Perencana Keuangan Imelda Tarigan mengingatkan calon ayah dan ibu agar tak lupa menyiapkan biaya untuk membeli perlengkapan bayi, seperti baju hingga popok. Hal ini bisa disesuaikan dengan kemampuan masing-masing orang.

"Peralatan dan keperluan bayi juga membutuhkan banyak biaya. Sebaiknya pilih hanya yang paling penting dalam prioritas kebutuhan, yang masuk dalam daftar anggaran melahirkan," tutup Imelda.

[Gambas:Video CNN]

(idy/aud)

[Gambas:Video CNN]
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER