Jokowi: Bersyukur Masih Bisa ke Restoran saat 345 Juta Jiwa Kelaparan

CNN Indonesia
Kamis, 29 Sep 2022 14:37 WIB
Presiden Jokowi mengingatkan warga Indonesia untuk bersyukur karena masih bisa ke restoran di tengah 345 juta jiwa yang kelaparan akut di dunia. Presiden Jokowi mengingatkan warga Indonesia untuk bersyukur karena masih bisa ke restoran di tengah 345 juta jiwa yang kelaparan akut di dunia. (Biro Pers Presiden).
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan warga Indonesia untuk bersyukur karena masih bisa ke restoran di tengah 345 juta orang di dunia yang kelaparan akut.

Kelaparan akut disebabkan oleh krisis pangan yang terjadi. Beruntung, kata Jokowi, krisis pangan global tak menular ke Indonesia.

"Krisis pangan, kita tahu sekarang ini hati-hati, 345 juta orang di 82 negara menderita kekurangan pangan akut. Bapak, ibu, masih bisa setiap hari ke restoran," ujarnya dalam UOB Economic Outlook 2023, Kamis (29/9).

Selain itu, dia menyebutkan ada sebanyak 19.700 orang meninggal setiap hari karena kelaparan. Jumlah ini diyakini bakal terus bertambah, mengingat krisis pangan global belum juga usai.

"Kita semua masih, alhamdulilah patut bersyukur, pangan kita masih cukup memberikan kita makan setiap hari," terang Jokowi.

Kondisi ini yang menjadi alasan pemerintah menggebu-gebu untuk membangun food estate (lumbung pangan).

Soalnya, jika pasokan pangan berlimpah, maka Indonesia sekaligus bisa meningkatkan kinerja ekspor.

"Sejak 2019 kita telah swasembada beras dan sistem ketahanan pangan kita dinilai baik. Ini yang terus kita jaga, syukur-syukur kita kelebihan produksi yang banyak," jelas Jokowi.

"Inilah kenapa kita sekarang ingin membangun food estate-food estate, karena selain untuk ketahanan pangan kita, juga ingin membantu negara lain, ekspor," ungkapnya.

[Gambas:Video CNN]



(fby/bir)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER