Penyebab Perut Kembung Tak Sekadar Masuk Angin

Tri Wahyuni, CNN Indonesia | Jumat, 23/01/2015 08:32 WIB
Perut kembung memang sangat mengganggu dan tidak nyaman. Aktivitas pun tidak bisa dijalankan dengan baik jika kita mengalami perut kembung. ilustrasi kembung (Thinkstock/Piotr Marcinski)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perut kembung memang sangat mengganggu dan tidak nyaman. Aktivitas pun tidak bisa dijalankan dengan baik jika kita mengalami perut kembung.

Perut kembung disebabkan oleh kelebihan udara yang terjebak di saluran pencernaan Anda. Meskipun perut kembung akan reda dengan sendirinya, tapi tetap saja efek perut kembung tak enak dirasakan juga tak enak dilihat karena perut akan semakin membuncit.

Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda perlu menghindari beberapa hal yang bisa menyebabkan perut Anda kembung. Seperti dilansir dari health.com, berikut beberapa aktivitas yang dapat menyebabkan perut kembung.


1. Makan terlalu cepat

Makan terlalu cepat menyebabkan tidak hanya makanan yang Anda telan, tapi juga udara. Namun, itu pun bukan salah satunya penyebab perut kembung. "Ketika Anda makan terburu-buru, Anda tidak mengunyah secara menyeluruh, sehingga makanan yang tidak halus itulah yang berada di usus Anda dan menunggu untuk dicerna sepenuhnya," kata ahli gizi New York City, Stephanie Middleberg.

2. Minum melalui sedotan

Saat ini, banyak minuman yang dirancang untuk dikonsumsi dengan menggunakan sedotan. Tapi penggunaan sedotan ternyata dapat memaksa Anda untuk menyedot banyak udara ekstra dan membuat perut Anda kembung. Tak masalah Anda mau minum dengan lambat atau cepat, udara sudah terperangkap di dalam sedotan Anda.  

3. Mengonsumsi minuman bersoda

Gelembung-gelembung kecil yang terdapat dalam soda memang memberikan sensasi ceria, tapi juga bisa membuat perut Anda membengkak. Diet soda lebih buruk lagi karena mengandung pemanis buatan yang sulit dicerna. Jika Anda terlalu sulit untuk meninggalkan makanan bersoda, ada baiknya Anda diamkan dulu setelah kalengnya terbuka, atau Anda bisa menuangkan ke dalam gelas yang berisi es batu.

4. Penggemar berat kacang

Kacang-kacangan merupakan sumber makanan yang mengandung protein nabati berkualitas tinggi. Sayangnya karbohidrat dalam kacang cenderung tidak dapat dicerna, dan itulah yang menyebabkan mereka mengandung gas, dan membuat perut kembung.

5. Makan malam terlalu dekat dengan waktu tidur

Jika Anda makan malam dalam waktu satu atau dua jam sebelum tidur, perut Anda akan menjadi kembung. Berbaring dapat mengganggu pencernaan, jadi jika Anda merebahkan diri Anda di tempat tidur dengan makanan di perut, makanan itu tidak bisa dicerna dengan cepat. Setidaknya makan malam dilakukan 3-4 jam sebelum tidur. Jika Anda terpaksa makan sebelum tidur, makanlah makanan yang ringan, seperti buah dan yoghurt.

(mer/mer)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK