Letak Jerawat dan Masalah Kesehatan Anda

Ardita Mustafa, CNN Indonesia | Minggu, 05/04/2015 09:45 WIB
Letak Jerawat dan Masalah Kesehatan Anda Ilustrasi jerawat.(Sasa Komlen/GettyImages)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kesehatan kulit adalah cerminan kesehatan tubuh Anda. Dan jerawat tidak muncul secara tiba-tiba. Mereka menandakan ada sesuatu yang salah dengan kesehatan dan kebersihan Anda, menurut dokter kulit Joshua Zeichner, M.D. dari Mt. Sinai Hospital di New York, dalam sebuah artikel di Cosmopolitan.

Dikutip dari artikel tersebut, berikut adalah letak jerawat dan diagnosa kesehatan Anda:

1. Jerawat di dagu, rahang atau leher


Anda sedang berada dalam masa subur menjelang datang bulan. Hormon membuat produksi minyak di wajah Anda meningkat. Sebagai pencegahan, Anda bisa mulai ekstra rajin membersihkan wajah dengan perawatan berbahan dasar benzoyl peroxide atau salicylic acid sebelum tanggal datang bulan Anda.

2. Jerawat di hidung dan jidat

Jerawat tersebut muncul akibat stres. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu menjauhi tangan dari wajah saat sedang dilanda stres. Jika sudah terlanjut muncul, Anda bisa mengobatinya dengan obat jerawat setiap hari.

3. Jerawat di sekitar rambut

Anda terlalu banyak memakai produk rambut. Kurangilah memakai terlalu banyak produk rambut seperti dry shampoo atau hairspray, apalagi jika Anda mengaplikasikannya terlalu dekat dengan kulit wajah. Gunakan toner untuk mengompresnya. Dan untuk mencegahnya, cucilah muka hingga batas antara jidat dan rambut Anda.

4. Jerawat di pipi

Sepertinya layar handphone Anda terlalu kotor. Untuk pencegahan, bersihkanlah layar handphone Anda dengan tisu anti-bakteri setiap hari.

5. Jerawat di sekitar mulut

Jerawat bisa muncul karena Anda lupa membersihkan mulut sehabis makan, apalagi makanan yang berminyak. Sebagai pencegahan, gunakanlah tisu basah untuk menyeka bagian mulu Anda sehabis makan.

6. Jerawat di punggung dan dada

Anda sepertinya salah dalam memilih bahan pakaian dalam. Bahan pakaian katun, sangat berpotensi memunculkan jerawat di bagian tersebut, karena bakteri kerap bersembunyi di bahan baju yang lembut itu. Gunakanlah baju berbahan spandex atau polyester untuk beraktifitas di bawah matahari atau berkeringat.

(ard/utw)