Keajaiban Kimchi untuk 'Sembuhkan' Obesitas

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Senin, 06/04/2015 11:49 WIB
Keajaiban Kimchi untuk 'Sembuhkan' Obesitas Kimchi (CNN Indonesia/Yohannie Linggasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Drama Korea membuat banyak orang tergila-gila dengan segala hal tentang Korea. Kepopuleran Korea juga mencakup banyak hal, termasuk kuliner khasnya, Kimchi.

Kimchi adalah sayuran yang difermentasi dengan tambahan bubuk cabai, lobak dan garam. Sebenarnya kimchi memiliki yang nyaris sama dengan acar-acar yang biasa dinikmati bersama dengan nasi goreng atau mi goreng. Namun, kimchi harus difermentasi beberapa waktu agar rasanya makin nikmat.

Namun kimchi bukan hanya menawarkan rasa yang enak, tapi juga kesehatan. Makanan fermentasi ini ternyata mampu membantu metabolisme manusia. Penelitian ini dilakukan oleh peneliti dari Korea Selatan.


Penelitian ini dilakukan oleh peneliti di Universitas Dongguk dan ChunLab Inc di Seoul National University. Para ilmuwan menemukan bahwa konsumsi kimchi berkaitan dengan kelancaran metabolisme tubuh dan imunitas.

Responden penelitian diharuskan mengonsumsi kimchi setiap hari selama delapan minggu diet. Hasilnya, diet kimchi ini ternyata berkaitan dengan perubahan signifikan dalam tingkat ekspresi dari sejumlah gen yang berhubungan dengan jalur metabolisme dan imunitas.

Dilansir dari The Daily Meal, kimchi mengandung bakteri Lactobacilli. Bakteri ini memiliki pengaruh positif untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan dan infeksi bakteri. Bakteri bermanfaat ini juga ditemukan di dalam yoghurt.

Bakteri dalam kimchi yang sudah difermentasi -- bukan kimchi segar --  ternyata mampu menghambat pertumbuhan jumlah bakteri buruk dalam usus, Firmicutes sampai Bacteroides. Kedua bakteri ini adalah biang keladi dari penyakit obesitas. Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Molecular Nutrition and Food Research, konsumsi kimchi pada 24 perempuan Korea yang obesitas ternyata mampu menunjukkan peningkatan aktivitas metabolik dan menurunkan risiko obesitas.

"Bisa dibayangkan bahwa konsumsi kimchi yang sudah difermentasi dapat secara langsung atau tidak langsung memengaruhi ekspresi gen manusia yang terkait dengan metabolisme dan kekebalan jalur, atau tidak langsung memengaruhi metabolisme manusia dengan mengubah komposisi mikroba dalam tubuh," ucap peneliti dalam makalahnya.

Selain itu, konsumsi kimchi fermentasi juga menghasilkan efek positif dalam ekspresi gen yang terkait dengan obesitas, sirkulasi, pencernaan dan tekanan darah.

(chs/mer)