Beragam Manfaat Buah Mangga untuk Kulit Awet Muda

Tri Wahyuni, CNN Indonesia | Selasa, 14/04/2015 07:01 WIB
Beragam Manfaat Buah Mangga untuk Kulit Awet Muda Buah tropis ini juga mampu untuk meremajakan dan menghidupkan kembali kulit Anda. (CNNIndonesia/Getty Images/Thinkstock/MeePoohyaphoto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Punya kulit kencang tanpa kerutan memang dambaan semua perempuan. Tak heran jika banyak perempuan melakukan berbagai perawatan dan menghabiskan banyak uang untuk mendapatkan efek ini.

Jika Anda pencinta buah mangga, rasanya Anda tak perlu melakukan berbagai perawatan mahal di klinik kecantikan untuk mendapatkan efek awet muda. Sebab, mangga ternyata dapat membantu meremajakan sel-sel dan membersihkan darah. Hal ini akan membuat kulit Anda menjadi lebih sehat.

Mengutip Health Me Up, konsumsi rutin mangga juga dapat mengurangi bintik-bintik gelap pada kulit, noda dan jerawat. Buah tropis ini juga mampu untuk meremajakan dan menghidupkan kembali kulit Anda.


Peremajaan kulit oleh mangga dilakukan dengan menunda penuaan dan pigmentasi. Sebab, kandungan dalam mangga dapat melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker kulit.

Selain itu, mangga mengandung banyak vitamin C dan dapat membantu mencegah jerawat. Mangga yang dihaluskan juga dapat diterapkan pada kulit karena merupakan pelembab alami, dapat mengencangkan kulit dan mencegah pori-pori membesar.

Mangga juga bisa digunakan untuk mengobati komedo, dengan mencampur satu sendok teh mangga yang dihaluskan dengan setengah sendok teh susu dan madu. Oleskan campuran ini pada komedo dan gosok dengan lembut.

Biarkan sekitar 30 menit dan kemudian bilas dengan air hangat. Anda pun akan melihat perbedaan yang nyata.

Selain bermanfaat untuk kecantikan, mangga mengandung banyak sekali zat yang bermanfaat bagi tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, kalium, kalsium, dan fosfor.

Buah berdaging oranye ini juga ternyata bisa mengobati asam lambung dan gangguan pencernaan. Hal ini disebabkan ada enzim tertentu pada mangga yang dapat menenangkan perut.

Banyaknya kandungan pektin dan vitamin C membuat mangga berguna untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Kandungan kaliumnya membantu dalam mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah.

Belum lagi senyawa antioksidannya. Kandungan ini dapat melindungi Anda dari gangguan pada usus besar, kanker payudara, leukemia dan kanker prostat. Mangga juga memiliki efek meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit karena mengandung sejumlah besar tembaga, selenium, seng dan kalium yang penting untuk tubuh yang sehat. Selain itu, seratnya yang tinggi juga bisa membantu mencegah sembelit.

(mer/mer)