Hati-hati, Mata Panda Ternyata Tanda Adanya Penyakit

Tri Wahyuni, CNN Indonesia | Senin, 13/04/2015 12:50 WIB
Hati-hati, Mata Panda Ternyata Tanda Adanya Penyakit Ilustrasi (morgueFile/imelenchon)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kebanyakan masyarakat, atau mungkin Anda sendiri menganggap lingkaran hitam pada mata Anda disebabkan oleh kurang tidur, kelelahan atau menatap layar komputer terlalu lama. Padahal, lingkaran hitam itu bisa merupakan gejala adanya penyakit tertentu dalam tubuh Anda.

Para ahli dan berbagai penelitian telah menemukan bahwa lingkaran hitam di sekitar mata merupakan gejala adanya penyakit anemia, hati dan tanda dehidrasi. Dokter mata dari klinik mata Moolchand mencoba menjabarkan hubungan di antara hal tersebut.

Dikutip dari Health Me Up, setiap manusia memiliki pembuluh darah kecil yang berada di bawah kulit sekitar mata. Pembuluh darah ini sangat halus sehingga sel-sel darah merah mengantre untuk melewatinya.


Namun, dalam prosesnya sel darah merah merembes ke daerah sekitarnya. Untuk mengatasi hal ini tubuh memproduksi enzim untuk membersihkan darah yang berada pada tempat yang bukan semestinya.

Penguraian sel darah merah oleh enzim inilah yang meninggalkan bekas hitam dan biru pada kulit. Alasan mengapa hal ini begitu terlihat adalah karena kulit di sekitar mata merupakan kulit yang paling tipis.

1. Pertanda anemia
Kekurangan zat besi adalah salah satu penyebab paling umum dari munculnya lingkaran hitam. Kadar zat besi yang rendah rendah dalam tubuh merupakan penyebab paling umum dari anemia. Dengan demikian, lakukanlah diet seimbang yang kaya sayuran berdaun hijau, produk susu dan semua jenis buah-buahan untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat.

2. Dehidrasi
Dehidrasi adalah alasan lainnya yang menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata. Ketika tubuh tidak memiliki jumlah air yang tepat, gejala sering terlihat di daerah tertentu, termasuk di sekitar mata. Oleh karena itu disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 8-10 gelas air dan termasuk buah segar setiap hari.

Anda juga dianjurkan untuk membatasi asupan minuman berkafein seperti teh, kopi, alkohol dan minuman berkafein lainnya seperti karena itu akan memperparah dehidrasi.

3. Gejala adanya penyakit hati
Lingkaran hitam juga menunjukkan disfungsi hati karena berbagai penyakit hati. Salah satu contoh dari penyakit hati adalah hepatitis.

4. Kekurangan gizi
Lingkaran gelap di sekitar mata dapat disebabkan oleh gizi buruk. Diet sehat dan bergizi dengan mengonsumsi vitamin seperti A, C, K, E dan nutrisi dapat membantu untuk menyingkirkan lingkaran hitam.

5. Alergi
Setiap kondisi yang menyebabkan mata gatal dapat menjadi pencetus warna gelap di daerah sekitar mata. Hal ini dipengaruhi oleh tindakan karena menggosok atau menggaruk kulit di sekitar mata.

Selain itu, beberapa alergi makanan juga dapat menyebabkan daerah bawah mata terlihat lebih gelap. Bahkan, lingkaran hitam pada anak-anak sering menunjukkan masalah alergi.


(mer/mer)