Kiat Mencukupi Kebutuhan Kalori Harian Saat Berpuasa

Hanna Azarya Samosir | CNN Indonesia
Selasa, 07 Jul 2015 10:46 WIB
Ketika berpuasa, kebiasaan makan otomatis akan berubah. Namun, asupan kalori setiap harinya harus tetap memenuhi kebutuhan harian tubuh. Ilustrasi (Getty Images/Thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketika berpuasa, kebiasaan makan otomatis akan berubah. Namun, asupan kalori setiap harinya harus tetap memenuhi kebutuhan harian tubuh.

Banyak orang merasa kesulitan menyesuaikan pola makan saat berpuasa. Untuk itu, dokter spesialis gizi, Stella E Bella, memberikan saran pola makan agar kebutuhan kalori tubuh tetap terpenuhi.

Menurut Stella, dalam satu hari, manusia membutuhkan 2.100 kkal. Stella pun menjabarkan bahwa dalam satu hari sebaiknya asupan yang paling banyak dikonsumsi adalah karbohidrat, yaitu sekitar 3-8 porsi. Sementara itu, sayuran setidaknya harus dikonsumsi 3-5 porsi dan buah 2-3 porsi. Nutrisi tersebut harus dilengkapi dengan protein hewani dan nabati sekitar 2-3 porsi.


Di samping itu, gula, minyak, dan garam dapat ditambahkan hanya sebagai penambah rasa. Batas pemakaian gula dalam sehari adalah empat sendok teh, sedangkan minyak dan garam satu sendok teh.

Kebutuhan tersebut harus dibagi secara proporsional di rentang waktu setelah berbuka puasa hingga menjelang imsak.

"Dimulai dengan buka. Memang benar berbuka dengan yang manis, tapi cukup camilan, seperti kurma beberapa butir. Jangan terlalu banyak," ujar Stella dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (6/7).

Setelah menunaikan salat Tarawih, santap malam disarankan disajikan dengan komponen lengkap, yaitu empat sehat lima sempurna.

"Sebelum tidur, cukupkan dulu kalori hari itu dengan minum susu atau makan buah lagi," ucap Stella.

Ketika sahur, menu wajib empat sehat lima sempurna harus kembali tersaji. "Sebelum imsak, usahakan ada selingan, seperti kue, buah, agar-agar, atau puding," kata Stella.

Sementara itu, asupan cairan juga tak kalah penting. Stella mengatakan bahwa rata-rata kebutuhan cairan bagi manusia satu hari adalah delapan gelas.

"Delapan gelas itu bisa dibagi lima gelas dari buka sampai mau tidur dan tiga gelas selama sahur dan sebelum imsak. Jika semua ini dilakukan, puasa akan lancar," tutur Stella.

(mer/mer)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER