Chef Greg Bess: Pasta Homemade Cuma Bisa Disimpan 3 Hari Saja

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Rabu, 19/08/2015 12:56 WIB
Chef Greg Bess: Pasta Homemade Cuma Bisa Disimpan 3 Hari Saja ilustrasi pasta (Jeshoots/Jan Vasek)
Singapura, CNN Indonesia -- Pasta bisa jadi makanan sumber karbohidrat pengganti nasi. Jika punya waktu luang di rumah, Anda bisa membuat berbagai olahan pasta sendiri di rumah.

Bahan pembuat pasta homemade pun sebenarnya tak sulit. Pasta hanya dibuat dari campuran tepung, kuning telur, garam, dan air yang dicampur jadi satu sampai kalis.

"Membuat pasta sendiri di rumah itu lebih enak dan fresh," kata chef Greg Bess, chef dari Spargo by Wolgang Puck saat demo memasak di Epicurean Market, Marina Bay Sands, Sabtu (16/8).


Namun saat membuat pasta sendiri, salah satu risiko yang harus dihadapi adalah tak tahan simpan lama. Tentu saja, karena pasta yang Anda buat tak dicampur dengan bahan pengawet.

Lalu berapa lama idealnya untuk menyimpan pasta?

"Menyimpan pasta paling lama itu tiga hari. Paling bagus sih langsung disantap," ucapnya.

Dikatakan Greg, di hari kedua, pasta homemade masih layak disantap. Namun, harus disimpan di dalam lemari es. "Di hari ketiga, warna pasta sudah berubah jadi tak menarik dan tak segar lagi," katanya.

"Ini semua disebabkan karena pasta dibuat dengan tambahan kuning telur di dalamnya. Akibatnya di hari ketiga warnanya akan berubah."


(chs/chs)