Taman Amaryllis Gunung Kidul Rusak Diserbu Pasukan Tongsis

Windratie, CNN Indonesia | Sabtu, 28/11/2015 15:23 WIB
Taman Amaryllis Gunung Kidul Rusak Diserbu Pasukan Tongsis Bunga Amarylis (Ilustrasi/Getty Images/Hulton Archives)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kebun bunga indah yang sempat menghebohkan para netizen di media sosial, kini hanya menyisakan hamparan bunga yang rusak.

Kebun bunga amaryllis yang sering disebut sebagai lili hujan, bakung atau bunga bawang yang terdapat di Kabupaten Patuk, Gunung Kidul itu hancur oleh orang-orang yang asyik berfoto selfie di sana.

Sebuah foto di media sosial Facebook mengunggah foto kebun bunga amaryllis sebelum dan sesudah kebun bunga tersebut di datangi 'pasukan tongsis'. Pengunggah foto tersebut Ryma Flourence yang berasal dari kota Balikpapan.


Dalam keterangan fotonya Ryma mengatakan, “Ini sebelum dan sesudah 'pasukan tongsis' nyerbu taman bunga amarylis di gunung kidul yg katanya setahun sekali berbunga saat musim hujan! Ya mental kayak gini nih mental perusak.. Gak bisa liat yg bagus2.. Mau poto2 tapi gak mau jaga keindahannya.”

Di atas lahan seluas kurang lebih 2000 meter bunga berwarna lembayung atau oranye tersebut terhampar indah. Tidak setiap waktu Anda dapat melihat keindahan bunga amaryllis. Bunga ini umumnya tumbuh menjelang musim hujan.

Bakung merah atau sering disebut juga sebagai amaryllis adalah tanaman hias berumbi yang bernama asli Hypeastrum. Tanaman hias ini sangat menawan karena ukurannya yang cukup besar dan warnanya yang merah cemerlang. Setiap tangkai bunga memiliki dua sampai empat buah bunga. Tanaman ini dapat berbunga dengan baik di daerah yang sejuk.

Foto menyedihkan hancurnya taman bunga amaryllis yang diunggah oleh Ryma tersebut mendapat respons banyak netizen.

Foto tersebut dibagikan oleh sekitar 1.296 pengguna Facebook pada hari ini. Melihat perbedaan yang kontras antara sebelum dan sesudah taman ini diserbu pengunjung berfoto selfie membuat geram banyak pengguna facebook.

Seorang pengguna Facebook, Hasta Nirmaya Wulansasri yang heran dengan rusaknya taman tersebut mengatakan, “Hih apa mereka ni selfie nya sambil guling2?” Sementara, pengguna Facebook lainnya, Rico Irawan mengatakan, “Bagaimana negara maju jika mental rakyatnya masih minus.”

Mengapa tempat ini mendapat serbuan banyak orang salah satunya berawal ketika foto kiriman @lenayuanita diunggah di Instagram @jogjamedia, seperti dilansir dari laman Yogya Media. Foto Lena yang berpose di hamparan kebun bunga berwarna oranye kemerahan membuat netizen penasaran.

Menurut laman Yogya Media, ada sekitar 300 komentar yang isinya menanyakan lokasi serta ada juga yang mengajak teman-temannya ke lokasi tersebut. Maka, tak heran jika dalam sekejap mata tempat tersebut pun diserbu oleh orang-orang yang ingin mengabadikan diri mereka di sana.

Bunga bakung atau amaryllis tumbuh subur di kecamatan patuk, Gunung Kidul. Penjualan bunga tersebut menjadi usaha beberapa warga setempat. Petani di sana bisa menjual hingga 500 pot amaryllis sehari-harinya.

(win/win)