Tips Bertualang ala Nadya Hutagalung

Fadli Adzani, CNN Indonesia | Rabu, 09/12/2015 09:18 WIB
Tips Bertualang ala Nadya Hutagalung Foto: Ed Wray/Getty Images
Jakarta, CNN Indonesia -- Indonesia adalah negara yang memiliki banyak keindahan tak terhingga, dari Sabang hingga Merauke. Kaum muda Tanah Air pun mengambil keuntungan dari keindahan itu dengan berwisata ke tempat-tempat yang menjadi 'jagoan' dari pusat wisata di Indonesia.

Namun, ada kalanya kaum muda dan kalangan masyarakat lainnya, tidak memanfaatkan waktu berwisata mereka dengan baik. Rasa takut untuk eksplorasi lebih jauh, membuat mereka 'buta' akan keindahan alam Indonesia. Untuk menampik hal tersebut, Nadya Hutagalung, model dan pecinta alam berdarah Indonesia-Australia itu memiliki beberapa tips untuk diikuti.

Pertama, kata Nadya, masyarakat harus mengerti tentang fotografi, atau setidaknya bisa memotret dengan baik dan benar. Hal itu dilakukan agar dapat mengabadikan kisah petualangan mereka dengan baik selama menjelajahi pusat destinasi wisata di Indonesia.


"Untuk masyarakat, khususnya anak muda, tingkatkan kemampuan fotografi kalian, karena hal itu dapat menciptakan sebuah potret indah atas pusat destinasi wisata yang kalian kunjungi," ujar Nadya kepada awak pers ketika ditemui di bilangan Jakarta Selatan, belum lama ini.

Tips kedua dan yang terpenting menurut Nadya adalah, para traveler itu harus mempersiapkan naluri petualang mereka. Hal itu dapat membantu para traveler untuk menjelajah tempat baru yang mungkin lebih indah dibandingkan tempat-tempat destinasi wisata yang sudah dijamah banyak orang.

"Persiapkan naluri petualang kalian, jangan takut, jangan cuma kunjungi yang standar-standar saja," Nadya menceritakan.

Menurut pernyataannya, masih banyak tempat-tempat wisata di Indonesia yang masih tersembunyi. Tempat-tempat itu hanya dapat dijelajahi jika para traveler itu mau untuk menjelajah lebih jauh lagi.

"Keluar ke daerah perkampungan pusat destinasi itu, berbicara lah sama masyarakat setempat," katanya.

Dengan begitu, rahasia-rahasia dari tempat destinasi wisata itu bisa terungkap dengan banyaknya informasi yang diberikan oleh para warga lokal itu.

"Tingkatkan rasa penasaran Anda, di situ lah Anda mendapatkan rasa dari perkampungan dan tempat destinasi wisata itu."

Selain itu, Nadya menyarankan agar masyarakat untuk menghilangkan rasa takut mereka dan keluar dari 'batasan-batasan' yang ada, agar dahaga mereka akan berwisata dapat terpenuhi.

"Kita harus berani bertanya, jangan takut keluar dari batasan-batasan. Kita harus keluar dan melihat!" ia menambahkan.

"Petualangan itu adalah sebuah perjalanan, perjalanan itu adalah sebuah petualangan." (les/les)