Selalu Macet, Ruas Jalan Kawasan Kuta Diubah Satu Arah

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Kamis, 19/01/2017 10:43 WIB
Selalu Macet, Ruas Jalan Kawasan Kuta Diubah Satu Arah Salah satu yang menjadi prioritas perubahan ialah ruas jalan di depan Monumen Bom Bali yang berada di Jalan Raya Legian. (REUTERS/Roni Bintang)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepolisian Resor Kota Denpasar mengubah arus lalu lintas menjadi satu arah di Kuta, Kabupaten Badung, Bali, karena banyaknya titik kemacetan di kawasan wisata itu.

"Jalan yang ada di wilayah Kuta sudah tidak bisa diperlebar dan mulai terjadi peningkatan jumlah kendaraan yang menimbulkan kemacetan, khususnya di wilayah Kuta dan sekitarnya," kata Kepala Polresta Denpasar Komisaris Besar Hadi Purnomo di Denpasar.

Beberapa ruas jalan yang menjadi satu arah ialah Jalan Patih Jelantik, Jalan Sriwijaya, Jalan Raya Legian, Jalan Raya Kuta, Jalan Majapahit, Jalan Dewi Sartika, dan Jalan Melasti.


Salah satu yang menjadi prioritas perubahan ialah ruas jalan di depan Monumen Bom Bali yang berada di Jalan Raya Legian.

Untuk menuju Pantai Kuta, aksesnya menjadi dari Jalan Dewi Sartika menuju Simpang Animale.

Sedangkan kendaraan yang akan menuju Bandara Ngurah Rai dari Jalan Dewi Sartika dapat melalui Jalan Singosari, Simpang Kalianget, Simpang Pura Puseh, Simpang Temacun, Jalan Blambangan, Simpang Hardys, lalu ke Jalan Raya Tuban.

Hadi Purnomo menambahkan, bahwa Satuan Lalu Lintas Polresta Denpasar tengah melakukan sosialisasi perubahan arus lalu lintas itu mulai 17 sampai 31 Januari 2017, uji coba mulai 1 sampai 28 Februari 2017, dan penegakan hukum mulai dilakukan mulai 1 Maret 2017.

Seperti yang dikutip dari Antara pada Kamis (19/1), berikut ini ialah perubahan arus lalu lintas tersebut:

1. Dari Jalan Patih Jelantik menuju Jalan Sriwijaya

2. Dari Jalan Raya Legian menuju Simpang Melasti

3. Dari Jalan Raya Kuta menuju Jalan Patih Jelantik.

4. Dari Jalan Majapahit menuju Jalan Raya Kuta.

5. Dari Jalan Dewi Sartika berlaku satu arah dari selatan menuju utara.