Alasan Trump dan Pangeran William Tak Pakai Cincin Kawin

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Kamis, 02/02/2017 06:52 WIB
Alasan Trump dan Pangeran William Tak Pakai Cincin Kawin Donald Trump tak pernah terlihat menggunakan cincin kawin di jarinya. (REUTERS/Kevin Lamarque)
Jakarta, CNN Indonesia -- Salah satu tanda laki-laki dan perempuan yang sudah menikah adalah adanya cincin yang tersemat di jari manisnya. Namun kenyataannya sekarang ini banyak pria yang enggan menggunakan cincin kawinnya sekalipun dia sudah menikah.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump adalah salah satu pria yang tak menggunakan cincin kawin di jarinya.  Padahal sudah sejak 2004 lalu dia menikahi Melania Knauss atau yang kini dikenal sebagai Melania Trump.

Di lain pihak, Melania Trump justru selalu menggunakan cincin kawinnya berupa cincin berlian dan emerald 13 karat.


Trump sendiri tak pernah menjelaskan alasannya tak mau memakai cincin kawin tersebut. Gedung Putih pun tak merespons permintaan Marie Claire terkait penjelasan cincin kawin.

Namun banyak spekulasi beredar bahwa hal ini terkait hubungannya dengan Melania yang dianggap dingin. Hanya saja sebenarnya ini bukanlah hal yang pertama dilakukannya.

Pada pernikahan pertama Trump dengan Ivana Zelnickova, dia juga tak terlihat menggunakan cincin pernikahan. Demikian pula di pernikahan ke-duanya dengan Marla Maples. Dia terlihat hanya menggunakannya sekali, itupun dalam foto 'candaannya' di hari pernikahan.

Trump bukanlah satu-satunya pria terkenal yang tak mengenakan cincin kawinnya. Pangeran William juga tak mengenakan cincin kawinnya dengan Kate Middleton.

Dalam pernyataannya di tahun 2011 lalu, juru  bicara kerajaan mengungkapkan bahwa ini adalah pilihan pribadi sang pangeran.

"Bukanlah sebuah kebiasaan bagi pria dari kalangan atas di Inggris untuk mengenakan cincin kawin," kata William Hanson, ahli etiket Inggris kepada Brides.

"Ini bukan karena mereka punya niat untuk bermain dengan yang lain setelah menikah, tapi karena secara tradisional, (pakai cincin kawin) bukanlah hal yang umum dilakukan pria. Tidak memakai cincin kawin adalah salah satu indikator unik untuk kaum kelas atas Inggris. Ini sama seperti menggunakan sepatu warna tertentu di hari Kamis atau cara melipat saputangan di kantong jas."

Berbeda dengan anggapan Hanson, seorang psikoterapis mengungkapkan bahwa dengan tidak memakai cincin kawin, pria-pria tersebut menciptakan statementnya sendiri.

"Secara tidak sadar, ini mungkin sebuah sinyal keinginan untuk selingkuh, entah benar-benar dilakukan atau hanya dalam imajinasi," kata psikoterapis Jeanne Safer tentang pria-pria yang tidak mau memakai cincin kawin.

Hanya saja secara umum, ada kemungkinan pria menikah yang tak mau memakai cincin kawinnya pasti punya beragam alasan. Ada yang hanya karena tak mau ketahuan status pernikahannya atau lainnya.

Mengutip Cosmopolitan, ada juga pria yang tak mau pakai cincin kawin hanya karena mereka tak suka pakai perhiasan dalam bentuk apapun. (chs)