Cara Terbaik Simpan Keju Agar Tak Berubah Rasa

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Senin, 21/08/2017 15:02 WIB
Cara Terbaik Simpan Keju Agar Tak Berubah Rasa Beda jenis keju beda pula cara simpannya. (Pixabay/kakuko)
Jakarta, CNN Indonesia -- Keju adalah salah satu olahan susu yang kerap mendampingi berbagai makanan. Entah makanan dengan citarasa manis atau gurih, keju seakan mampu membuat makanan jadi lebih nikmat.

Tak heran jika sebagian orang menyimpan keju agar siap sedia jika sewaktu-waktu diperlukan. Keju memang bisa disimpan di lemari es dalam waktu lama.

Kendati demikian, menyimpan keju juga butuh cara tersendiri. Anda tak bisa asal hanya letakkan keju di dalam lemari es. Beda jenis keju, berbeda pula jangka waktu ia bisa bertahan di lemari es. Mengutip Tasting Table berikut cara terbaik untuk menyimpan keju berdasarkan jenisnya.



1. Keju Keras

Ketika menyinggung keju keras, Anda mungkin tak terlalu paham. Tapi jika menyebut keju parmesan, asiago, romano, dan cheddar, keju ini pasti akrab di telinga.

Keju keras dengan kemasan utuh atau belum dibuka dapat bertahan selama 2-4 bulan. Keju yang kemasannya sudah terbuka, baik digunakan selama 6 minggu jika disimpan di lemari es.

Jika keju ingin digunakan beberapa waktu ke depan, Anda bisa menyimpannya di dalam lemari pembeku. Keju mampu bertahan hingga 8 bulan. Namun perlu diingat bahwa keju yang sudah 'menghuni' lemari pembeku, rasanya jelas tak senikmat keju segar.


2. Keju Semi Keras dan Semi Lunak

Salah satu contoh keju ini adalah keju Gouda dan keju Gruyere yang sudah terbuka, sebaiknya disimpan dalam lemari es atau lemari pembeku.

Jika disimpan dalam lemari es, keju ini mampu bertahan hingga 2-3 minggu. Sedangkan di pembeku, bisa bertahan hingga dua bulan.

Untuk cara penyimpanan terbaik, simpan keju yang belum terbuka dalam kemasan aslinya. Kemudian letakkan dalam kemasan atau sisa keju dalam kantong kertas longgar. Terakhir, masukkan ke dalam kantong plastik atau ziplock bag sehingga ada sirkulasi udara tanpa membuat keju menjadi kering.

Ilustrasi kejuFoto: CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti
Ilustrasi keju

3. Keju Lembut

Yang termasuk dalam varian ini adalah krim keju, brie, mozzarella, feta, gorgonzola dan camembert. Keju jenis ini bisa bertahan di lemari es dan dikonsumsi dalam waktu 1-2 minggu saja. Memang Anda bisa menyimpan mozzarella dalam pembeku, hanya saja, keju akan kehilangan tekstur lembut dan cheesy karena membeku.

Untuk hasil terbaik, simpan keju dengan kemasan yang belum terbuka hingga Anda memang ingin menggunakannya. Jika hanya menggunakan sebagian, simpan sisanya dalam wadah kedap udara dan masukkan ke dalam lemari es.