Mengulik Kandungan Gizi dalam Bandeng Presto

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Selasa, 24/04/2018 14:50 WIB
Mengulik Kandungan Gizi dalam Bandeng Presto Ahli gizi menilai ikan bandeng kaya akan protein, kalsium, serta fosfor, zat besi, retinol, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan karoten. (Ilustrasi/Foto: ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bandeng presto merupakan olahan ikan bandeng yang dibuat dengan cara presto dengan menggunakan uap air bertekanan tinggi. Olahan ikan ini merupakan makanan khas asal Semarang. Popularitasnya yang menanjak karena rasa dan gizi yang tinggi membuat bandeng presto banyak diproduksi di wilayah pesisir Jawa.

Cara memasak presto ini membuat seluruh bagian ikan dapat dikonsumsi karena daging bandeng menjadi empuk dan tulangnya melunak. Hal ini, membuat semua kandungan gizi dalam bandeng dapat dikonsumsi lengkap tanpa ada yang terbuang karena mudah dicerna dan baik untuk segala usia.

"Kandungan gizi dalam bandeng ini luar biasa sebagai sumber protein yang sangat tinggi. Cara presto ini melunakan tulang-tulang dan sisik yang banyak mengandung kalsium. Semuanya dapat dimakan kecuali isi perut dan insang yang sudah dibuang," kata ahli gizi Instititut Pertanian Bogor (IPB), Profesor Ahmad Sulaeman dalam rangkaian Jelajah Gizi saat mengunjungi pusat pengolahan bandeng di Semarang, beberapa waktu lalu.



Ahmad menjelaskan per 100 gram (gr) bandeng presto memiliki kandungan protein sebesar 17,1 gr, sehingga dapat memenuhi kebutuhan protein tubuh dalam sehari. Dalam sehari rata-rata tubuh membutuhkan sekitar 50 gr protein.

Dalam 100 gr, bandeng presto juga memiliki lemak sebesar 20,3 gram. Ahmad memastikan kandungan lemak ini baik untuk tubuh karena bandeng presto juga memiliki turunan asam lemak omega 3 berupa ERA, EPA, dan DHA. Asam lemak ini terkenal dapat meningkatkan kecerdasan otak.

Kandungan EPA dan DHA juga dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah sehingga mencegah serangan jantung koroner. Asam lemak ini juga bersifat hipokolesterolemik yang dapat menurunkan kadar kolesterol.

Bagi ibu hamil, asam lemak ini baik untuk pertumbuhan sistem saraf, otak dan kecerdasan janin serta mencegah depresi.


"Asam lemak tidak jenuh ini baik untuk kecerdasan otak anak, mencegah depresi terutama bagi ibu hamil," ujar Ahmad.

Selain itu, bandeng presto juga memiliki kandungan kalsium, fosfor, zat besi, retinol, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan karoten. Kandungan ini baik untuk kesehatan mata, kekebalan tubuh, tulang dan gigi.

Untuk menikmati ikan bandeng presto yang sudah di kemasan hanya perlu dikukus atau digoreng sebentar saja. Ikan ini sebenarnya sudah matang melalui proses presto. (rah/rah)