5 Camilan Wajib Coba saat Liburan ke Hong Kong

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Sabtu, 04/08/2018 14:30 WIB
5 Camilan Wajib Coba saat Liburan ke Hong Kong Ilustrasi egg waffle (Istockphoto/glowonconcept)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hong Kong memang populer dengan aneka mi dan juga dim sumnya yang menggugah selera. Namun kenyataannya, tak cuma itu, Hong Kong juga punya aneka panganan ringan atau snack yang bisa dicicipi saat wisata kuliner.

Camilan di Hong Kong memiliki ragam bentuk dari aneka bahan dan kaya cita rasa.

Berikut merupakan lima pilihan camilan yang wajib dicicipi di Hong Kong berdasarkan rekomendasi dari Hong Kong Tourism Board.



1. Pineapple bun
Meski bernama Pineapple Bun atau roti nanas, panganan ini ternyata tidak terbuat dari nanas. Namun, lapisan renyah berwarna keemasan serupa tekstur nanas membuat roti ini diberi nama pineapple bun. Warga lokal menyebutnya Bo Lor Bao.

Rasa manis dari pineapple bun membuat hidangan ini sering kali dinikmati saat sarapan atau sore hari bersama secangkir teh. Jika ingin rasa yang lebih kuat, pineapple bun dapat ditambahkan dengan butter.

Panganan ini dapat dengan mudah ditemui di Hong Kong. Salah satu rekomendasi kafe yang menyediakan pineapple bun adalah Kum Wah Cafe yang terletak di 47 Bute Street, Prince Edward.

2. Egg tart
Camilan favorit lainnya di Hong Kong adalah egg tart. Panganan ini mirip seperti fruit pie. Alih-alih berisi vla dan irisan buah, tart berbentuk mangkuk yang berisi adonan puding manis dari telur.

Kue ini paling nikmat disantap ketika masih dalam keadaan panas karena kulitnya terasa lembut. Tak cuma itu aroma mentega yang harum semakin menambah cita rasa egg tart.

Salah satu tempat makan yang populer dengan egg tart adalah Cheung Heung Yuen Restaurant yang berada di 107 Belcher's Street, Kennedy Town, Western District.


3. Wife cake
Kue dari adonan krim melon yang segar dan manis ini memiliki tekstur renyah dan lembut. Saat menggigit panganan ini, Anda bakal merasakan lapisan rasa yang nikmat.

Pada dasarnya wife cake ini merupakan salah satu jenis pastry yang mirip dengan pia di Indonesia.

Nama wife cake berasal dari legenda yang berkembang di masyarakat Hong Kong. Konon, ada wanita yang menjual diri kepada tuan tanah untuk menolong membayar utang mertuanya. Suami wanita itu lalu membuat dan menjual kue ini. Hasilnya, digunakan untuk menebus sang istri.

Kue ini dapat dicoba di Hang Heung yang terletak di Sogo, Basement 2, 555 Henessy Road, Causeway Bay, Hong Kong Island.

4. Egg waffle
Selain egg tart, camilan lainnya dari telur yang populer di Hong Kong adalah egg waffle. Tak jarang untuk mendapatkan sebuah egg waffle di Hong Kong, pecinta kuliner mesti mengantre menunggu giliran.

Egg waffle merupakan adonan beragi yang dimasak dalam cetakan seperti bola-bola. Camilan ini biasanya disajikan panas dan polos. Belakangan aneka rasa muncul untuk memberikan banyak pilihan pada konsumen.

Saking populernya di Hong Kong dengan bentuknya yang unik, egg waffle ini juga dengan mudah ditemui di beberapa negara, termasuk Indonesia. Camilan ini pun menjadi salah satu camilan khas Hong Kong.

Egg Waffle yang terkenal dapat dijumpai di Mammy Pancake, Carnarvon Road, Tsim Sha Tsui.

5. Ginger candy
Selain aneka roti, Hong Kong juga mempunya permen jahe yang dapat menyegarkan tenggorokan. Cita rasa yang pedas dan manis membuat permen ini cocok menjadi camilan saat mengeliling Hong Kong.

Ginger candy ini dapat dijumpai di salah satu toko camilan terkenal di Hong Kong yakni Chan Yee Jai di Central Old Town dan APM, Kwun Tong. Selain ginger candy, kedai ini menyediakan banyak panganan tradisional Hong Kong seperti kue almond, kue wijen, biskuit, dan acar lemon. (chs)