Kaos Kaki, Cara Ampuh untuk Tidur Nyenyak

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 02/08/2018 23:09 WIB
Kaos Kaki, Cara Ampuh untuk Tidur Nyenyak ilustrasi kaos kaki (nbfox1/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Susah tidur bisa jadi masalah besar untuk beberapa orang. Berbagai cara dari menghitung domba, membaca buku, sampai minum susu hangat mungkin masih tak ampuh untuk membuat Anda tertidur lelap.

Kalau masih punya masalah seperti itu, cobalah untuk memakai kaos kaki saat tidur.

Beberapa orang mungkin beranggapan bahwa kaus kaki hanya digunakan untuk aksesoris tidur, namun bagi sebagian lainnya kaus kaki dipercaya bisa membuat tidur menjadi lebih nyaman. 



Anggapan itu pun dibenarkan oleh penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Sleep Laboratory di Basel, Swiss. Mereka melihat bahwa ada hubungan antara suhu tangan dan kaki, dengan kecepatan orang tertidur pulas. 

Dilansir oleh Tiphero, sekelompok responden pria muda terbukti bisa tidur lebih cepat setelah kakinya merasa hangat.

Ketika pembuluh darah di kaki dan tangan membesar, atau disebut vasodilatasi, panas itu akan didistribusikan ke seluruh tubuh. Dalam studi itu menunjukkan bahwa vasodilatasi ke jari-jari kaki dan tangan tersebut bisa membantu orang tertidur dalam waktu singkat. 

Kaki dan tangan yang dibalut oleh penghangat, perlahan membuat tubuh menjadi panas. Seketika itu tubuh mulai masuk ke dalam jeda tidurnya. Seiring dengan turunnya tekanan darah, otak menerima pesan dari tubuh agar bersiap untuk tidur. Sementara itu hormon tidur melatonin meningkatkan produksinya. 


Sementara itu selain kaus kaki, ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan untuk menghangatkan kaki ketika akan tidur. Berikut adalah trik yang disarankan oleh National Sleep Foundation tersebut:

1. Menempatkan botol air panas maupun bantal di antara telapak kaki, sebelum tidur.
2. Menggunakan selimut ekstra untuk membalut kaki agar lebih hangat.
3. Membeli sepasang kaus kaki kashmir untuk tidur.
4. Melakukan beberapa pemanasan sebelum berbaring ke tempat tidur.

Selain itu, Anda juga bisa mandi air hangat sebelum tidur. Dan jangan lupa memasang aromaterapi lavender untuk membantu Anda lebih tenang. (bel/chs)