Makan Enak di Kaki Lima sampai Bintang Michelin di Hong Kong

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Sabtu, 04/08/2018 16:35 WIB
Makan Enak di Kaki Lima sampai Bintang Michelin di Hong Kong Ilustrasi dim sum (NguyenPhamDang/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak hanya taman bermain seperti Disneyland dan Ocean Park, Hong Kong juga merupakan surga kuliner.

Ragam cita rasa ala Chinese pun bertebaran di warung sederhana hingga restoran yang sudah berbintang Michelin.

Rentang harga pun bervariasi dari yang hanya sekitar US$2 atau sekitar Rp30 ribu hingga US$200 atau hampir Rp3 juta.


"Ada banyak opsi di Hong Kong, mulai dari yang terjangkau sampai mewah. Dari makanan jalanan sampai restoran bintang lima," kata Regional Director Southeast Asia Hong Kong Tourism Board Raymond Chan saat peluncuran Neighbourhoods of Hong Kong, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Berikut rekomendasi rumah makan di Hong Kong dari Warung Sederhana sampai restoran bintang Michelin yang wajib dicoba saat tengah berlibur ke Hong Kong.

1. Lin Heung Tea House
Hong Kong tak bisa lepas dari kelezatan dim sum. Jika dim sum adalah salah satu tujuan Anda ke Hong Kong maka Lin Heung Tea House wajib ada dalam daftar.

Rumah makan ini terkenal dengan cita rasa dim sum yang otentik. Rumah makan yang sudah berdiri sejak awal abad ke-20 ini masih mempertahankan tradisi penyajian dim sum dengan menggunakan troli.

Di atas troli itu terdapat bertumpuk tumpuk bakul dim sum. Cara penyajian unik ini sudah sangat langka di Hong Kong. 

Rumah makan klasik ini dapat didatangi di Gedung Tsang Chiu Ho, Wellington Street, Central, Hong Kong.


2. Sing Heung Yuen
Sing Heung Yuen adalah salah satu restoran cepat saji yang laris manis di Hong Kong. Tak jarang untuk mendapatkan semangkok makanan dari restoran ini, pengunjung harus rela mengantre.

Restoran ini terkenal dengan sajian makaroni, mi instan, dan roti mentega yang renyah. Menu andalan dari rumah makan ini adalah Tomato and Beef with Instant Noodles, Tomato and Egg with Macaroni dan Lemon Honey Crispy.

Sing Heung Yeung terletak di Shop Mee Lun Street, Central.

3. Yat Lok 
Berangkat dari bisnis kuliner keluarga pada 1957, Yat Lok terus berkembang. Restoran spesialis daging ini mendapatkan bintang satu dari Michelin.

Uniknya, restoran ini juga menyajikan berbagai santapan nikmat dari daging angsa. Daging di Yat Lok dibuat dengan resep rahasia, sedangkan ayamnya dimasak dengan saus kedelai dan anggur mawar. 

Karena tempat yang terbatas, pengunjung mesti rela berbagi meja dengan tamu lain.

Restoran ini berada di 34-38 Stanley Street, Central.


4. Thai Chiu
Restoran yang terletak di kawasan Sham Shui Po ini terkenal karena kelezatan ayam Hainan, tom yum kung dengan seafood, dan aneka kare. Restoran Thailand dengan koki serta pelayan yang datang langsung dari Negeri Gajah Putih ini baru saja mendapatkan bintang Michelin pada akhir tahun lalu.

Restoran kecil ini dapat disinggahi di 101 Fuk Wing Street, Sham Shui Po.

5. Kwan Kee Store
Restoran ini tersohor berkat kenikmatan rasa dari aneka hidangan penutup seperti Chinese Rice Pudding, White Sugar Cake dan Black Sesame Rolls. Rasa yang lezat serta penyajian yang baik membuat Kwan Kee Store menerima predikat Michelin Guide Inspectors.

Restoran ini berada di hop No 10, G/F Pei Ho Arcade, 115-117 Fuk Wa Street, Sham Shui Po. (chs)