Pendakian Gede Pangrango Ditutup Sementara

Eka Santhika, CNN Indonesia | Sabtu, 11/08/2018 17:33 WIB
Pendakian Gede Pangrango Ditutup Sementara Ilustrasi (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)
Sukabumi, CNN Indonesia -- Seluruh aktivitas pendakian di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ditutup sementara selama lebih dari satu minggu. Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) menyebut penutupan dilakukan pada 13 hingga 22 Agustus 2018.

"Kami sudah mengirimkan surat edaran penutupan pendakian ini ke berbagai instansi baik di wilayah Kabupaten Sukabumi, Cianjur maupun Bogor," kata Kepala BBTNGGP Wahyu Rudianto seperti dikutip Antara, Sabtu (11/8).

Penutupan dilakukan untuk menghindari terjadinya kebakaran hutan yang disebabkan oleh pendaki. Sebab, prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam beberapa waktu ke depan wilayah Gunung Gede Pangrango tidak akan turun hujan sehingga kondisi menjadi kering dan rawan terjadi kebakaran.


Selain itu pihak BBTNGGP juga menyebutkan bahwa penutupan dilakukan untuk pemulihan ekosistem, pengamanan kawasan, operasi bersih dan antisipasi kebakaran.

Untuk mengantisipasi adanya pendaki ilegal pihaknya pun sudah menugaskan anggotanya seperti dari Polisi Hutan dan meminta bantuan relawan untuk mengawasi pintu masuk dan jalur ilegal yang bisa digunakan untuk menerobos ke jalur pendakian.

"Untuk kawasan wisata lainnya yang berada di sekitar Gunung Gede dan Pangrango seperti curug, Danau Situgunung dan lain-lain masih dibuka untuk umum," tambah Wahyu. (eks/eks)