Kenali 5 Faktor Penyebab Hipoglikemia

CNN Indonesia | Kamis, 15/11/2018 08:03 WIB
Kenali 5 Faktor Penyebab Hipoglikemia Hipoglikemia merupakan kondisi ketika kadar gula dalam darah menurun. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jika diabetes merupakan kondisi ketika kadar gula darah menukik tinggi, maka sebaliknya dengan hipoglikemia. Kondisi ini justru menggambarkan kondisi gula darah yang menurun.

Kondisi ini kerap disertai dengan beberapa gejala khas seperti pusing, sakit kepala, rasa lapar yang ekstrem, kebingungan, kesulitan berkonsentrasi, berkeringat, dan penglihatan yang buram.

Hipoglikemia tak hanya terjadi pada penderita diabetes, tapi juga orang-orang tanpa diabetes.


Pada penderita diabetes, hipoglikemia terjadi ketika tubuh terlalu banyak memproduksi insulin yang berperan mendorong tubuh untuk mengubah glukosa menjadi energi. Sementara pada seseorang tanpa diabetes, kondisi ini terjadi ketika tubuh tak mampu menstabilkan kadar gula darah.


Beberapa kondisi disebut-sebut bisa menyebabkan hipoglikemia. Melansir Healthline, berikut penyebab hipoglikemia yang dialami tubuh.

1. Konsumsi obat-obatan

Tak semua jenis obat ramah gula darah. Beberapa jenis obat justru diketahui memiliki efek samping hipoglikemia. Sebut saja obat malaria, beberapa jenis antibiotik, dan beberapa jenis obat pneumonia.

Obat-obatan juga disebut sebagai faktor risiko tertinggi hipoglikemia yang biasanya menyerang kelompok masyarakat tertentu, seperti anak-anak dan penderita gagal ginjal.

2. Alkohol

Mengonsumsi alkohol dalam jumlah besar dapat menimbulkan kesulitan bagi hati untuk melepas dan mengalirkan glukosa ke aliran darah. Kondisi ini menyebabkan kadar gula darah dalam tubuh mengalami penurunan.


3. Penyakit hati

Beberapa penyakit yang terkait dengan kondisi hati seperti hepatitis bisa menyebabkan hipoglikemia. Hepatitis membuat hati tak berfungsi sebagaimana mestinya. Padahal, hati berperan untuk memproduksi atau melepas glukosa bagi tubuh.

4. Tumor pankreas

Tumor pankreas dapat mendorong produksi insulin berlebih yang menjadi salah satu penyebab hipoglikemia non-diabetes. Dengan kadar insulin yang tinggi, kadar gula darah secara tidak langsung bakal mengalami penurunan.

5. Kekurangan hormon

Terjadinya masalah pada kelenjar arenal dan kelenjar pituitari menyebabkan terjadi hipoglikemia. Pasalnya, kedua kelenjar ini bertugas untuk memengaruhi hormon-hormon dalam tubuh untuk mengontrol produksi glukosa. (asr/chs)


BACA JUGA