Cara Menikmati Perjalanan Panjang dalam Pesawat Kelas Ekonomi

agr, CNN Indonesia | Rabu, 29/08/2018 19:12 WIB
Cara Menikmati Perjalanan Panjang dalam Pesawat Kelas Ekonomi Ilustrasi. (hxdyl/Thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bepergian dengan pesawat sudah bukan menjadi hal aneh bagi penduduk dunia saat ini. Beragam rute penerbangan pun tersedia untuk semua kalangan. Mulai dari yang tersingkat hingga terpanjang, bagi yang memiliki dana pas-pasan atau berlebih.

Namun jika dihadapkan dalam sebuah situasi menempuh perjalanan dalam pesawat kelas ekonomi, tentu hal ini layaknya pengalaman menyeramkan. Membayangkan dengkul beradu dengan bangku selama lebih dari dua jam, tentunya bukan hal yang menyenangkan.

Mengutip Life Hacker, berikut adalah beberapa cara menikmati perjalanan panjang dalam pesawat kelas ekonomi.


Kenakan pakaian yang nyaman

Meskipun beberapa maskapai menyediakan selimut, namun sebaiknya siapkanlah juga baju hangat jika menempuh perjalanan dengan durasi lebih dari dua jam. Karena pendingin udara di pesawat lebih sering tidak bersahabat bagi siapapun.

Membawa jaket dalam kabin adalah pilihan yang bijak jika akan bepergian dalam waktu lama, terlebih dalam kelas ekonomi yang belum tentu mendapatkan selimut.

Bawa bantal tambahan

Perpaduan selimut dan bantal nampaknya menjadi racikan yang sempurna untuk kenyamanan dalam penerbangan. Namun ada baiknya jika membawa bantal kecil untuk berjaga-jaga, seandainya maskapai tidak menyediakan fasilitas ini dalam penerbangan kelas ekonomi.

Persiapakan perlengkapan perawatan tubuh

Sikat gigi, pasta gigi, sabun muka, pelembab, hingga kaos kaki sebaiknya letakkan dalam jangkauan karena dalam perjalanan panjang membersihkan tubuh adalah sebuah kebutuhan. Jangan lupakan juga keperluan pribadi yang sifatnya penting.

Habiskan waktu dengan beristirahat

Tidur atau bersantai adalah hal yang paling masuk untuk dilakukan dalam perjalanan panjang di atas pesawat. Untuk itu menyiapkan segala perlengkapan yang bisa menunjang aktivitas isirahat selama di dalam pesawat, hukumnya wajib.

(ard)