Studi: Pria Malu Kalau Pesan Menu Vegetarian

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Senin, 10/09/2018 10:14 WIB
Studi: Pria Malu Kalau Pesan Menu Vegetarian ilustrasi (Unsplash/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perempuan, khususnya mereka yang tengah diet umumnya menahan menyantap aneka makanan berlemak. Aneka sayuran atau makanan vegetarian pun jadi 'sasaran empuk' yang dipesan perempuan saat membeli makanan.

Sebagian restoran menyediakan menu vegetarian alias tidak mengandung bahan dari hewan.

Hanya saja meskipun menu-menu vegetarian ini bisa menarik perhatian kaum perempuan. Makanan vegetarian ternyata tak menarik perhatian kaum adam. Sebaliknya menurut sebuah studi, pria justru merasa malu jika mereka memesan menu vegetarian.



Peneliti Emma Roe dan Paul Hurley dari The Man Food Project mengadakan studi yang melibatkan 22 orang pria. Karakteristik 22 pria dalam penelitian dibagi menjadi tiga yakni, 'green men' yang mengeksplorasi makanan vegetarian karena perhatian akan lingkungan, 'exercising men' yang ingin membentuk otot sehingga tidak makan daging dan pria yang bergantung pada simpanan makanan dan tidak cukup makan daging. 

Keduanya menemukan bahwa para pria ini merasa terbebani atau tertantang saat harus memesan menu vegetarian di depan umum. 

"Sebagian dari mereka mengalami pengalaman berbeda yang mengindikasikan rasa malu atau ingin menghindari konflik sehingga mereka memesan daging atau menawarkan daging pada tamu di rumah mereka," kata Emma dikutip dari Munchies (1/9). 

Menurut profesor di University of Southampton ini, pria lebih menginginkan menjadi tukang daging atau pemanggang daging. Makan daging, kata dia, menjadi kunci dari sejarah peradaban manusia. Makan daging artinya manusia harus menakhlukkan hewan terlebih dahulu sehingga ini mencerminkan kekuatan atau dominasi manusia terhadap hewan. 


"Ini menunjukkan perbedaan antara masyarakat dengan alam karena kita dapat memakannya. Di masyarakat, pria punya kekuatan yang dominan sehingga asosiasi makan daging lebih kuat pada pria daripada wanita," imbuhnya. 

Sebelumnya, sebuah survei pada 2016 oleh Vegan Society menemukan bahwa pria lebih memilih daging dan produk hewani seperti butter dan keju daripada wanita. Menurut survei, sekitar 63 persen vegan di Inggris adalah wanita sementara pria hanya 37 persen. (chs)