Juara Indonesian Idol Ceritakan Keindahan Toba di Bandung

CNN Indonesia | Selasa, 13/11/2018 19:40 WIB
Juara Indonesian Idol Ceritakan Keindahan Toba di Bandung Penyanyi Indonesian Idol 2018 Maria Simorangkir tampil memukau di Bandung dan mengajak warga kota untuk berwisata ke tempat tersebut. (Maria Simorangkir/Foto: Dok Kemenpar)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyanyi Indonesian Idol 2018 Maria Simorangkir tampil memukau di Bandung dan mengajak warga kota untuk berwisata ke tempat tersebut.

"Pokoknya, semua harus datang ke Danau Toba. Pesonanya luar biasa dan indah banget. Danau Toba ini destinasi yang wajib dikunjungi," kata Maria pada Selasa (13/11).

Maria tampil energik dan impresif sehingga menghangatkan suasana. Suasana makin seru dengan interaksi dengan para pengunjung. 


"Pengunjung di sini luar biasa. Acara 'Ayo ke Toba' sangat bagus. Sebab, mengajak orang untuk mengenal dan datang ke Danau Toba. Maria sangat mengenal Danau Toba. Destinasi Danau Toba itu indah banget," katanya.


Terkenal sebagai kaldera raksasa, lanjut Maria, eksotisme dan cerita danau itu pun sudah mendunia. Daya tarik danau itu adalah Pulau Samosir yang ada di tengah danau. Kawasan ini semakin unik karena ada Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang di tengah Toba. 

Selain itu, ada pula 12 air terjun di sekitar Danau Toba, seperti Air Terjun Sipiso-Piso, Situmurun, Afrata, dan Bidadari. Di sisi lainnya, ada Air Terjun Sigarattung, Janji, Binanga Bolon, hingga Simamora.

Danau Toba juga menjadi habitat endemik ikan Batak (Neolissochillus Thienemanni) yang terancam punah.

Budaya Manortor

Menjadi situs budaya besar, Kawasan Danau Toba memiliki Museum Huta Bolon Simanindo. Selain itu, ada pula pesta Adat Mangalahat Horbo yang tetap dilestarikan. 

Selain itu, wisatawan juga bisa melakukan manortor bersama dilengkapi dengan kain ulos dan ikat kepala. Sajian berikutnya menikmati Tari Sigale-Gale.

Danau Toba juga menawarkan beragam cara untuk menikmai keindahannya. Salah satu sudut terbaik ini ditawarkan Menara Pandang Tele. Kombinasi Gunung Pusuk Buhit dan birunya air danau menjadi latar belakang foto terbaik.


Sebelum tampil, Maria juga mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pariwisata Arief Yahya, karena melibatkannya dalam kegiatan tersebut.

"Terima kasih kepada Bapak Menteri Pariwisata aku sudah diajak mengisi acara 'Ayo ke Toba'. Karena memang Danau Toba itu sangat layak dipromosikan. Danau Toba itu indah banget. Danau Toba itu kuasa Tuhan yang tak ada tandingannya," kata Maria.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan apa yang disampaikan Maria Simorangkir terkait keindahan Danau Toba adalah fakta.

"Keindahan Danau Toba adalah fakta. Maria Simorangkir pasti tahu banyak hal terkait Danau Toba ini. Kawasan ini memang sangat indah. Alamnya luar biasa. Kawasan ini juga menjadi situs budaya yang sangat besar," katanya.


Selain atraksinya, lanjut Arief, aksesibilitas menuju Danau Toba juga sangat mudah. Melalui Bandara Internasional Silangit, kawasan ini sudah terkoneksi langsung dengan Malaysia. Malindo Air, misalnya, menghubungkan Bandara Silangit dengan Bandara Subang Skypark di Malaysia sejak Agustus lalu.

Sementara itu, AirAsia membangun poros Silangi dengan Bandara International Kuala Lumpur 2, Malaysia. Direct flightnya sudah dimulai pada Oktober lalu. (egp/stu)