Night Market Parapat Bakal Meriahkan Destinasi Danau Toba

Kemenpar, CNN Indonesia | Minggu, 09/12/2018 19:56 WIB
Night Market Parapat Bakal Meriahkan Destinasi Danau Toba Pemandangan Danau Toba dilihat dari Panatapan Huta Ginjang, Kecamatan Muara, Tapanuli Utara, Sumatera Utara /Foto: CNN Indonesia/Lalu Rahadian
Jakarta, CNN Indonesia -- Generasi Pesona Indonesia (GenPI) kembali meluncurkan destinasi digital bernama Night Market Parapat, yang turut dikenalkan dalam Seminar Strategi Baru Pengembangan Destinasi Pariwisata Prioritas Danau Toba di The Rinra Hotel, Makassar.

"Atraksinya enggak cuma nature dan culture saja. Ada juga destinasi digital Night Market Parapat yang baru saja diluncurkan kawan-kawan GenPI Sumatera Utara," tutur Kasubid Pemasaran Area I Kemenpar, Alfin Merancia, Minggu (9/12).


"Silakan berlibur Ke Toba. Jangan lupa mampir ke Night Market Parapat. Tempatnya bagus. Semua sudut adalah surga buat fotografer dan videografer. Banyak angle yang tidak ada di tempat lain. Sangat eksklusif dan semakin mengundang orang datang," timpal Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Regional I Kemenpar, Masruroh.


Anak-anak muda komunitas GenPI di Sumatera Utara membuat konsep pasar, sebagai bungkus Destinasi Digital.

"Ini juga tempat kreatif, tempat berkumpul, berinteraksi yang melahirkan apa saja yang jadi kekuatan baru karena selalu menggerakkan 3F (Friends, Followers, dan Fans) mereka," timpal Plt Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata, Ni Wayan Giri Adnyani.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun memandang dengan positif. 

"Saya ingin menghidupkan minimal 100 Pasar Genpi baru di tahun 2018 ini. Kita kategorikan menjadi tiga, sama dengan portofolio bisnis pariwisata," tuturnya.


Pertama, lanjut Arief, Destinasi Digital Nature, yang berbasis pada alam sebagai objek selfie, seperti pedesaan, sawah, gunung, hutan, pantai, dan semua unsur alam. Kedua, Destinasi Digital Culture, yang mengambil tema karya budaya, seperti heritage, kota lama, kota tua, taman budaya, kuliner, busana nusantara, dan lainnya.

Dan Ketiga, Destinasi Digital Man-made yang kerap disebut Urban Market, untuk di dalam kota, macami Pasar Kampung Bekelir di Kota Tangerang, Banten, yang dimotori GenPI Kota Tangerang. (egp/stu)