India Relokasi Ratusan Buaya Demi Turis Patung Kesatuan

AFP, CNN Indonesia | Minggu, 27/01/2019 01:49 WIB
India Relokasi Ratusan Buaya Demi Turis Patung Kesatuan Patung Kesatuan yang menjadi objek wisata baru di India. (SAM PANTHAKY / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rimbawan India mulai memindahkan sekitar 300 ekor buaya untuk mengamankan layanan pesawat amfibi bagi pengunjung ke patung tertinggi di dunia, Statue of Unity (Patung Kesatuan) yang baru didirikan.

Reptil, yang terbesar berukuran sekitar tiga meter, dipancing ke dalam kandang logam yang lalu diangkut mobil bak terbuka ke kawasan lain di negara bagian Gujarat.

Sejauh ini sekitar selusin buaya telah dipindahkan "dari lokasi nomor tiga yang disebut bakal menjadi dermaga pesawat amfibi," kata sebuah sumber kepada AFP, Jumat (25/1).


Pejabat kehutanan setempat, Anuradha Sahu, mengatakan instruksi itu datang dari pemerintah negara bagian "untuk alasan keamanan karena arus wisatawan meningkat" ke kawasan patung setinggi 182 meter itu.

Patung pahlawan kemerdekaan Sardar Vallabhbhai Patel, yang merupakan proyek kesayangan Perdana Menteri India Narendra Modi, berukuran lebih dari dua kali ukuran Patung Liberty.

Patung ini selesai dibangun pada Oktober lalu dengan biaya US$400 juta (sekitar Rp,5,6 triliun).

Bittu Sahgal, editor majalah margasatwa Sanctuary Asia, mengkritik pemindahan buaya yang terancam punah, melalui cuitannya di Twitter: "Apakah kita secara kolektif kehilangan akal kita?"

Priyavrat Gadhvi, anggota dewan satwa liar negara bagian, mengatakan relokasi apapun seharusnya didahului dengan analisis ilmiah yang menyeluruh.

Patung Kesatuan terletak di daerah terpencil di distrik Narmada, dengan kota terdekat Vadodora berada sekitar 100 kilometer jauhnya dan kota utama Gujarat, Ahmedabad, berjarak lebih dari 200 kilometer.

Tidak ada kereta menuju ke sana, dan sebagian besar wisatawan naik bus melalui jalan raya empat jalur dari Vadodora untuk mencapai kawasan wisata baru itu.

(ard)