LANCONG SEMALAM

Menguji Fasilitas Kursi Roda di Jakarta

CNN Indonesia | Minggu, 24/02/2019 13:07 WIB
Mencicipi Fasilitas Kursi Roda di Jakarta Pelican cross di Tosari. (CNN Indonesia/Hesti Rika)

Mencicipi Fasilitas Kursi Roda di Jakarta

16.00 - Plaza Indonesia

Usai ke dua objek wisata, saya melanjutkan "investigasi" ke Plaza Indonesia. Sama seperti Kota Tua dan Monas, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga kerap mempromosikan pusat perbelanjaan ini sebagai destinasi wisata belanja. Tapi apa iya sudah ramah kaum difabel?

Dari Halte TransJakarta Monas saya turun di Halte TransJakarta Tosari. Saat hendak menyeberang jalan ke arah Plaza Indonesia, saya melihat beberapa petugas Satpol PP berseragam oranye yang membantu para pejalan kaki menyeberang.


Saya memperhatikan kondisi trotoar di jalan dan terlihat beberapa paving block di trotoar yang berlubang serta guiding blocks yang terputus dan bahkan ditindih oleh pot tanaman. "Wah, bisa-bisa orang tunanetra terluka saat jatuh menabrak pot ini," pikir saya sedih.

Sesampainya di lobi Plaza Indonesia, saya langsung mencari penjaga keamanan untuk bertanya mengenai fasilitas kursi roda.

"Oh, mbak baiknya kalau butuh kursi roda langsung ke Lobby Louis Vuitton aja di sana bilang sama doorman-nya butuh kursi roda, nanti langsung dibawakan. Atau mbak bisa ke front desk dan bilang sama resepsionisnya mau pinjam kursi roda, nanti tukar sama KTP," kata petugas keamanan dengan ramah.

Setelah bertemu penjaga yang dimaksud, saya minta ditunjukkan bentuk kursi rodanya.

Kursi roda yang disediakan kualitasnya bagus, bentuknya juga kokoh dan ramping sehingga mumpuni untuk dibawa naik eskalator.

Tidak heran jika mal sekelas Plaza Indonesia memiliki fasilitas kursi roda sebagus ini.

Sayangnya informasi mengenai adanya fasilitas kursi roda seperti kurang dipromosikan.

Mencicipi Fasilitas Kursi Roda di JakartaFasilitas kursi roda di Mal Grand Indonesia, Jakarta. (CNN Indonesia/Dwiarti)

Saya masuk lewat Lobby Arjuna (West Mall) dan bertanya tentang ketersediaan kursi roda pada resepsionis di sana.

Ia menjelaskan bahwa hanya ada satu unit di Lobby Arjuna dan dua unit di lantai dua East Mall.

Saat melihat bentukannya, kualitas kursi roda yang disediakan kurang lebih sama seperti Plaza Indonesia dan hanya membutuhkan KTP untuk meminjamnya.

Selain informasi, unit kursi roda di dalam mal yang besar ini juga masih sangat terbatas.

17.00 - Stasiun Gambir

Empat tempat yang ramai dikunjungi saat jam kerja sudah saya datangi. Kini giliran tempat yang buka 24 jam: stasiun kereta dan bandara.

Dari Grand Indonesia saya naik ojek ke Stasiun Gambir. Sesampainya di sana saya mencari petugas keamanan untuk bertanya mengenai fasilitas kursi roda.

Yang membuat takjub ialah mereka bisa langsung mengontak rekannya untuk membawakan kursi roda ke hadapan pengunjung, sehingga pengunjung tidak perlu repot ke sana kemari untuk mencarinya.

Mencicipi Fasilitas Kursi Roda di JakartaFasilitas kursi roda di Stasiun Gambir, Jakarta. (CNN Indonesia/Dwiarti)


Walau tidak "sehakiki" kursi roda di Plaza Indonesia dan Grand Indonesia, kursi roda di Stasiun Gambir masih terlihat kokoh dan layak digunakan. Layanan ini gratis.

"Kalau ada anggota keluarga mbak yang perlu kursi roda nanti didorongkan dan diantar sampai naik kereta," kata petugas keamanan.

Berjalan keluar dari stasiun, saya pun melangkah menuju Halte Bus Damri menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta untuk menyelesaikan misi pencarian fasilitas kaum lansia dan difabel yang layak.

Saya membeli tiket Bus Damri seharga Rp40 ribu dengan fasilitas stop kontak di tiap bangku dan kursi yang empuk.

19.00 - Bandara Soekarno Hatta

Saya memilih turun Bus Damri di Terminal Tiga, terminal baru yang dipuja-puji sebagai terminal bandara masa depan Indonesia.

Petugas keamanan yang saya temui menyarankan saya untuk menuju meja infromasi bertuliskan 'Help Center'. Pengunjung juga bisa menghubungi nomor 138 jika tersesat di Terminal 3 atau mencari keberadaan 'Help Center'.

Tak jauh dari meja 'Help Center' saya melihat banyak kursi roda yang dijajarkan.

Mencicipi Fasilitas Kursi Roda di JakartaFasilitas kursi roda di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. (CNN Indonesia/Dwiarti)

Petugas mengatakan untuk bisa meminjam kursi roda cukup menunjukkan boarding pass (dan bersama paspor jika melakukan penerbangan internasional). Akan lebih baik lagi jika menghubungi petugas sehari sebelum kedatangan.

Petugas nantinya akan mengantar penumpang dengan kursi roda sampai ke kursi pesawat. Layanan ini gratis.

Menurut petugas fasilitas dan layanan yang sama juga berlaku di terminal lainnya.

Walau sudah ada fasilitas kursi roda, namun saya tidak menemukan guiding blocks. Mungkin orang tunanetra juga bisa meminta bantuan petugas-petugas ini untuk diantarkan sampai ke kursi pesawat. Atau memang harus diantar dengan kerabat.

(fau/ard)
2 dari 2